Definisi Intrauterine Growth Retardation (Iugr)

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280

Intrauterine growth retardation (IUGR)


A.     Definisi
IUGR yaitu istilah yang dipakai untuk mendeskripsikan fetus atau neonatal yang memiliki ukuran lebih kecil daripada normal, seringkali juga dipakai untuk mendeskripsikan intrauteri yang rusak atau terbatas. (23)
B.     Etiologi
Retardasi pertumbuhan sanggup disebabkan lantaran rokok, pertambahan berat tubuh yang kurang pada ibu, penggunaan obat-obatan dan alkohol, janin kembar, kelainan tali sentra atau plasenta, pre eklampsi, riwayat IUGR sebelumnya, Malformasi uterus congenital, Penurunan oksigen

C.     Klasifikasi
1.      IUGR  kerena insufisiensi  plasenta
Kelompok ini potensial untuk tumbuh normal, tetapi patologi dalam supply pembuluh darah ke plasenta. Iskemi cepat merusak plasenta kerusakan suply pengangkut O2 dan nutrisi ke janin,menyebabkan anoksia janin dan mungkin kematian. Pada kelompok ini menjadikan 2-3 bayi pertumbuhannnya terhambat. Penyebab kerusakan arteri spiral ibu dalam plasenta belum diketahui dengan jelas, tetapi sebagai predisposisi: Insufisiensi plasenta, preeklamsi, penyakit ginjal kronik, hipertensi kronik dan dilema atau penyakit yang berafiliasi dengan keadaan tersebut, menyerupai kehamilan kembar, diabetes melitus, penyakit jantung atau menyerupai penyakit kolagen. Plasenta previa dan solusio plasenta, postmatur, ibu yang tua, dan tempat yang tinggi (daerah pegunungan) mungkin masuk ke dalam kelompok ini, menyerupai suply normal nutrisi dan oksigen tidak sanggup menjangkau bayi disebabkan plasenta atau dilema sirkulasi.

2.      IUGR lantaran faktor lingkungan
Janin memiliki kemungkinan untuk tumbuh normal, tetapi obat atau persilangan dari ibu ke janin menghambat pertumbuhan normal menyerupai penyakit malaria, toxoplasmosis, rubela cytomegalovirus, shipilis. Obat-obat berbahaya menyerupai alkohol, rokok, radiasi juga memeberikan kontribusi.

3.      IUGR lantaran faktor intrinsic
Di sini janin tidak memiliki atau kehilangan pertumbuhan normal segera sesudah konsepsi. Pada kelompok ini meliputi: malformasi janin dan gangguan genetik. Kejadian ini lebih menonjol di negara-negara yang sedang berkembang.


D.     Komplikasi
Janin yang mengalami keterbelakangan pertumbuhan akan cenderung mengalami hal – hal sebagai berikut:
  1. Fetal distress
  2. Problem neonatus (setelah lahir)

E.      Penanganan
  1. Sebelum kehamilan
a.    Perbaikan/ memperbaiki nutrisi calon ibu
b.    Berhenti  merokok
c.    Bagi perempuan yang memiliki riwayat kehamilan bayi dengan IUGR sebelumnya sanggup diberikan obat aspirin dengan takaran rendah (81 mg/hari ) pada kehamilan dini sanggup mengurangi kemungkinan berulangnya IUGR.

  1. Antepartum
a.      Menghentikan kebiasaan merokok
b.      Mendeteksi penyakit yang ada pada ibu
c.      Dan yang paling penting yaitu dikala dan cara persalinan, mempercepat kelahiran bayi sebelum terjadinya gangguan janin yaitu target utama, tetapi harus sesudah pematangan paru - paru janin.

IUGR yaitu istilah yang dipakai untuk mendeskripsikan fetus atau neonatal yang mempunya definisi Intrauterine growth retardation (IUGR)
IUGR Ultrasound


Sumber http://jurnalbidandiah.blogspot.com/
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Definisi Intrauterine Growth Retardation (Iugr)"

Posting Komentar