Perubahan Psikologis Kehamilan Dan Proses Pencapaian Tugas Ibu

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280

Perubahan psikologis

1).  Perubahan psikologis trimester I
                  Segera sehabis konsepsi kadar harmon estrogen dan progesterone kehamilan akan meningkat dan ini akan menjadikan timbulnya mual dan muntah pada pagi hari, lemah, lelah dan menjadikan membesarnya payudara. Ibu merasa tidak sehat dan sering kali membenci kehamilannya. Banyak ibu yang mencicipi kekecewaan, penolakan, kecemasan dan kesedihan. Sering kali biasanya pada awal kehamilannya ibu berharap untuk tidak hamil.
                  Pada trimester pertama seorang ibu akan selalu mencari gejala untuk lebih meyakinkan bahwa dirinya memang hamil. Setiap perubahan yang terjadi pada tubuhnya akan selalu diperhatikan dengan seksama, lantaran perutnya masih kecil, kehamilan merupakan diam-diam seorang ibu yang mungkin diberitahukannya pada orang lain atau dirahasiakannya (PusDikNaKes, 2003).
2). Perubahan psikologis trimester II
            Trimester kedua biasanya yakni ketika ibu merasa sehat. Tubuh ibu sudah terbiasa dengan kadar hormon yang lebih tinggi dan rasa tidak nyaman lantaran hamil sudah berkurang. Perut ibu belum terlalu besar sehingga belum dirasakan sebagai beban. Ibu sudah mendapatkan kehamilannya dan mulai sanggup memakai energi dan pikirannya secara lebih konstruktif. Pada trimester ini pula ibu sanggup mencicipi gerakan bayinya dan ibu mulai mencicipi kehadiran bayinya bagi seorang diluar dari dirinya sendiri. Banyak ibu yang merasa terlepas dari rasa kecemasan, rasa tidak nyaman menyerupai yang dirasakannya pada trimester pertama dan mencicipi meningkatnya libido.

3). Perubahan psikologis trimester III
            Trimester ketiga sering kali disebut periode menuggu dan waspada alasannya pada ketika itu ibu merasa tidak sabar menuggu kelahiran bayinya. Seorang ibu mungkin mulai mencicipi takut akan rasa sakit dan ancaman fisik yang akan timbul pada waktu melahirkan. Rasa tidak nyaman akhir kehamilan timbul kembali pada trimester ketiga dan banyak ibu yang merasa dirinya gila dan jelek. Disamping itu ibu mulai merasa duka lantaran akan berpisah dengan bayinya dan kehilangan perhatian khusus yang diterima selama hamil. Pada trimester inilah ibu memerlukan proteksi dari suami, keluarga dan bidan.

Selain perubahan psikologis yang normal pada waktu hamil, seorang calon ibu juga akan mengalami tingkatan psikologi pencapaian tugas sebagai seorang yaitu

Proses Pencapaian Peran Ibu

Menurut teori Rubin mengenai pencapaian tugas ibu ada suatu proses dari acara Taking On, Taking In, dan Letting Go yaitu:
a.       Aktivitas Taking On: Mimicry/ menggandakan dan bermain peran/ role play
Mimicry adalah menggandakan perbuatan atau sikap orang lain yang menjadi role model baginya (missal perempuan lain yang sedang hamil) dan mencar ilmu dari banyak sekali sumber perihal hal-hal yang akan dihadapinya nanti, (missal: apa yang aka terjadi dan bagaimana rasanya melahirkan, atau bagaimana bayi itu pada masa-masa awal sehabis lahir), yang disukai akan diadopsi dan yang tidak disukai akan dihindari.
b.      Aktivitas Taking In: Fantasi dan Introyeksi-Proyeksi-Rejeksi
Dalam fantasi, seorang perempuan membayangkan dirinya nanti. Misalnya: akan menyerupai apa nanti ketika melahirkan, baju apa yang akan dipakaikan ke bayinya, hubungannya dengan suami dan anggota keluarga lain sehabis persalinan. Fantasi ini memungkinkan si perempuan membuatkan pemahaman perihal bagaimana ia kan berperilaku.
c.       Aktivitas Letting Go: Griefwork
Mereview, mengingat kembali hal-hal yang berafiliasi dengan tugas diri sebelumnya dan melepaskan tugas yang tidak lagi sesuai atau tidak memungkinkan lagi dilakukan. Pengalaman, hubungna interpersonal dan situasi yang berkaitan dengan diri yang kemudian sanggup actual atau hanya harapan, menyenangkan atau tidak menyenangkan. Hal ini membantu melepaskan secara perlahan-lahan kelekatannya dengan “mantan ” dirinya. ()
Segera sehabis konsepsi kadar harmon estrogen dan progesterone kehamilan akan meningkat da Perubahan psikologis kehamilan dan Proses Pencapaian Peran Ibu


Sumber http://jurnalbidandiah.blogspot.com/
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Perubahan Psikologis Kehamilan Dan Proses Pencapaian Tugas Ibu"

Posting Komentar