Anemia Dalam Kehamilan

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280

ANEMIA DALAM KEHAMILAN

1.             Pengertian
Anemia dalam kehamilan yakni suatu kondisi ibu hamil dengan kadar Hemoglobin < 11 g% pada trimester I dan III atau < 10,5 g% pada trimester II. (7)
2.             Etiologi
Kebanyakan anemia dalam kehamilan disebabkan oleh defisiensi zat besi dan perdarahan akut. Juga lantaran adanya hemodilusi (7)
3.             Tanda dan gejala
Pada anemia ringan sering tidak memperlihatkan gejala. Tapi kemungkinan mengeluh kelelahan dan dispnea sehabis latihan jasmani.
Pada anemia berat gejalanya antara lain pusing, nyeri kepala, sinkop, gelisah dan tak bisa tidur / kosentrasi pada sebagian pasien, juga sanggup timbul tanda-tanda kanal cerna ibarat anoreksia, nausea, konstipasi / diare, stomatitis. (4 )
Tanda lainnya yakni takikardi, diaforesis (keringat dingin), gelisah, sesak napas, dan tanda-tanda yang paling sering dikaitkan dengan anemia yakni pucat pada membran mukosa mulut, ganjal kuku & konjungtiva.( 2)
4.             Komplikasi
Akibat anemia dalam kehamilan antara lain : Abortus, Partus Prematurus, Partus Lama jawaban inertia uteri, Perdarahn Post Partum jawaban atonia uteri, Syok, Infeksi baik ketika Intrapartum maupun postpartum. Pada anemia yang sngat berat dengan Hb < 4 g/dl sanggup menjadikan dekompensasi kordis. (5)
5.             Penanganan
Terapi anemia defisiensi besi ialah dengan preparat besi. Pemberian preparat 60 mg / hari sanggup meningkatkan kadar Hb sebanyak 1 g% / bulan. (7)
Untuk pencegahan sebaiknya tiap perempuan hamil diberi Sulfas Ferosus 1 tablet / hari. Selain itu dinasehatkan untuk makan lebih banyak protein dan sayuran yang mengandung banyak vitamin dan mineral. ( 5 )

Anemia dalam kehamilan yakni suatu kondisi ibu hamil dengan kadar Hemoglobin  ANEMIA DALAM KEHAMILAN

DAFTAR PUSTAKA


2)            Cunningham, F. Gary [et.al..]. 2005. Obstetri Williams. Jakarta : EGC
4)            Harrison . 1999. Prinsip – Prinsip Ilmu Penyakit Dalam. Jakarta : EGC
5)            Prawirohardjo, Sarwono. 2002. Ilmu Kebidanan. Jakarta : YBP – SP
7)            Wiknjosastro, Hanifa. 2007. Pelayanan Kesehatan Maternal Dan Neonatal. Jakarta : YBP-SP



Sumber http://jurnalbidandiah.blogspot.com/
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Anemia Dalam Kehamilan"

Posting Komentar