Gangguan Perkembangan Pada Anak

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280

Terdapat beberapa gangguan yang sering ditemukan pada anak dan perlu diketahui orang renta atau pengaush sehingga sanggup dilakukan tindakan penanganan dengan segera. Gangguan yang sering ditemukan ialah sebagai berikut: 
1.      Gangguan Bicara dan Bahasa
Kemampuan berbicara merupakan indikator seluruh perkembangan anak, lantaran kemampuan berbahasa sensitif terhadap keterlambatan atau kerusakan pada sistem lainnya. Hal ini akan melibatkan aspek kognitif, motorik, psikologis, emosi dan lingkungan sekitar anak. Kurangnya stimulasi akan sanggup menjadikan gangguan bicara dan berbahasa bahkan dampaknya akan menetap.
2.      Cerebral Palsy
Merupakan suatu kelainan gerakan dari postur tubuh yang tidak progresif, yang disebabkan suatu kerusakan atau gangguan pada sel-sel motorik pada susunan syaraf sentra yang sedang tumbuh atau belum tamat pertuimbuhannya.
3.      Down Syndrom
Anak dengan Down Syndrom adalah individu yang tidak sanggup dikenaL dari fenotifnya dan memiliki kecerdasan yang terbatas, yang terjadi tanggapan adanya jumlah kromosom 21 yang berlebih. Perkembangannya lebih lambat dari anak yang normal. Beberapa faktor penting menyerupai kelainan jantung kongenitalhipotonia yang berat, problem biologis atau lingkungan lainnya sanggup menjadikan keterlambatan perkembangan motorik dan keterlambatan untuk menolong diri sendiri.
4.      Perawakan Pendek
Atau disebut sebagai short stature merupakan suatu terminologi mengenai tinggi tubuh yang berada dibawah persentil 3 atau -2SD pada kurva pertumbuhan yang berlaku pada populasi tersebut. Penyebabnya sanggup lantaran variasi normal, gangguan gizi, kelainan kromosom, penyakit sistemik atau lantaran kelainan endokrin.
5.      Autisme
Merupakan gangguan perkembangan pervasif pada anak yang gejalanya muncul sebelum anak usia 3 tahun. Pervasif berati meliputi seluruh aspek perkembangan sehingga gangguan tersebut sangat luas dan berat yang mensugesti anak secara mendalam. Gangguan perkembangan yang ditemukan pada autisme meliputi bidang interaksi sosial, komunikasi dan perilaku.
6.      Retardasi Mental
Merupakan suatu kondisi yang ditandai dengan tingkat intelegensi yang rendah (IQ <70) yang menjadikan ketidakmampuan individu untuk berguru dan menyesuaikan diri terhadap tuntutan masyarakat atas kemampuan yang dianggap normal .
7.      Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hyperaktivitas (GPPH) 
GPPH disebut juga sebagai Attention Dificultty Hyperactivity Disorder (ADHD). Merupakan gangguan dimana anak mengalami kesulitan untuk memusatkan perhatian dan seringkali disertai dengan hiperaktivitas. 

Sumber http://jurnalbidandiah.blogspot.com/
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Gangguan Perkembangan Pada Anak"

Posting Komentar