Materi Konsep Dasar Kehamilan Lengkap

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280

Konsep Dasar Kehamilan
A.    Konsep Kehamilan
1.  Definisi
Periode antepartum ialah periode kehamilan yang dihitung semenjak hari pertama haid terakhir Materi konsep dasar kehamilan lengkap
prenancy
a.       Periode antepartum ialah periode kehamilan yang dihitung semenjak hari pertama haid terakhir (HPHT) hingga dimulainya persalinan sejati. Yang menandai awal periode antepartum. (Varney, 2006)
b.      Kehamilan ialah suatu keadaan dimana dalam rahim seorang perempuan terdapat hasil konsepsi (pertemuan ovum dan spermatozoa) (Rustam Mochtar, 1998).
c.  Kehamilan  merupakan suatu proses yang alamiah dan fisiologis.  Setiap perempuan yang mempunyai organ reproduksi sehat yang telah mengalami menstruasi dan melaksanakan kekerabatan seksual dengan seorang laki-laki yang organ reproduksinya sehat sangat besar kemungkinanya akan mengalami kehamilan (Mandriwati, 2007).
2.   Proses Kehamilan 
Proses kehamilan berdasarkan Rustam Mochtar (1998), ialah :
a.       Ovum (Sel Telur)
Pertumbuhan embrional oogonium yang kelak menjadi ovum terjadi digenital ridge.
Urutan pertumbuhan ovum (oogenesis):
1)      Oogonia
2)      Oosit pertama
3)      Primary ovarian follicle
4)      Liquar folliculi
5)      Pematangan pertama ovum
6)      Pematangan kedua ovum pada waktu sperma membuahi ovum
b.      Spermatozoa (Sel Mani)
Sperma bentuknya menyerupai kecebong terdiri atas 4 serpihan yaitu kepala yang berisi inti (nukleus), leher, serpihan tengah dan ekor yang sanggup bergetar sehingga sperma sanggup bergerak dengan cepat, urutan pertumbuhan sperma : spermatogonium membelah dan spermatosit pertama membelah dua, spermatosit kedua membelah dua, spermatid tumbuh menjadi spermatozoon.
c.       Pembuahan (Konsepsi/Fertilisasi)
Pembuahan ialah suatu insiden persatuan antara sel mani dengan sel telur dituba fallopi.
Hanya satu sperma yang telah mengalami proses kapasitasi sanggup melintasi zona pellusida masuk ke villetus ovum. Setelah itu zona pellusida mengalami perubahan sehingga tidak sanggup dilalui sperma lain. Persatuan ini dalam prosesnya diikuti oleh persatuan pronuklei, keduanya yang disebut zygot yang terdiri dari atas pola genetik dari perempuan dan pria.
Dalam beberapa jam sesudah pembuahan, mulailah pembelahan zygot yang berjalan lancar dan dalam 3 hari hingga dalam stadium morula. Hasil konsepsi ini dengan urutan tetap bergerak ke arah rongga rahim. Hasil konsepsi sampailah dalam kavum uteri dalam peringkat blastula.
d.      Nidasi (Implantasi)
Nidasi ialah masuknya atau tertanamnya hasil konsepsi dalam endometrium. Blastula diselubungi oleh simpai yang disebut trofoblas, yang bisa menghancurkan dan mencairkan jaringan. Ketika blastula mencapai rongga rahim, jaringan endometrium berada pada masa sekresi. Jaringan endometrium ini banyak mengandung sel-sel desidua, yaitu sel-sel besar yang banyak mengandung glikogen serta gampang dihancurkan oleh trofoblas.
Blastula dengan serpihan yang berisi massa sel dalam (inner-cell-mass) akan gampang masuk kedalam desidua, mengakibatkan luka kecil yang kemudian sembuh dan menutup lagi. Itulah sebabnya pada ketika nidasi terjadi sedikit perdarahan akhir luka desidua (Tanda Hartman). Umumnya nidasi terjadi pada dinding depan atau belakang rahim (korpus) akrab fundus uteri.

Bila nidasi telah terjadi, dimulailah diferensiasi sel-sel blastula. Sel-sel lebih kecil yang terletak akrab ruang exocoeloma membentuk entoderm dan yolk sac. Sedang sel-sel yang lebih besar menjadi endoderm dan membentuk ruang amnion. Maka terbentuklah lempeng embrional (embryonal plate) diantara amnion dan yolk sac.
Sel-sel trofoblas mesodermal yang tumbuh sekitar mudigah (embrio) akan melapisi serpihan dalam trofoblas. Maka terbentuklah sekat korionik (chorionic membrane) yang telah menjadi korion. Sel-sel trofoblas tumbuh menjadi 2 lapisan yaitu sitotrofoblas yang disebelah dalam dan sinsitiotrofoblas yang disebelah luar.
Villi korionik yang berafiliasi dengan desidua basalis tumbuh bercabang-cabang dan disebut korion profundus. Sedangkan yang berafiliasi dengan desidua kapsularis kurang menerima masakan sehingga kesudahannya menghilang disebut chorion leave.
e.       Plasentasi
Pertumbuhan dan perkembangan desidua semenjak terjadi konsepsi lantaran efek hormon terus tumbuh sehingga makin usang menjadi tebal. Desidua ialah mukosa rahim pada kehamilan yang terbagi atas :
1)   Desidua basalis
            Terletak diantara hasil konsepsi dan dinding rahim, disini plasenta terbentuk.
2)   Desidua kapsularis
Meliputi hasil konsepsi kearah rongga rahim yang usang kelamaan bersatu dengan desidua vera kosena obliterasi.
3)   Desidua vera
      Meliputi lapisan dalam dinding rahim lainnya.
3.  Diagnosa Kehamilan
Masa kehamilan dimulai dari konsepsi hingga lahirnya janin. Lamanya hamil normal ialah 280 hari (40 ahad atau 9 bulan 7 hari) dihitung dari hari pertama haid terakhir. Kehamilan dibagi dalam 3 triwulan yaitu triwulan pertama dimulai dari konsepsi hingga 3 bulan, triwulan kedua dari bulan keempat hingga 6 bulan, triwulan ketiga dari bulan ketujuh hingga 9 bulan (Saifuddin, 2002).
Kehamilan melibatkan perubahan fisik maupun emosional dari ibu serta perubahan sosial dalam keluarga. Menurut Armi (2006), bahwa : 
a.      Tanda-tanda dugaan hamil ialah :
1).   Amenorea (tidak menerima haid). Gejala ini sangat penting lantaran umunnya perempuan hamil tidak sanggup haid lagi. Penting diketahui tanggal hari pertama haid terakhir, supaya sanggup ditentukan tuanya kehamilan dan bila persalinan diperkirakan akan terjadi.
2).   Mual dan muntah. Umumnya terjadi pada bulan-bulan pertama kehamilan, keadaan ini sering terjadi pada pagi hari tetapi tidak selalu dan keadaan ini disebut ”morning sickness”. Dalam batas-batas tertentu keadaan ini masih fisiologis, tetapi bila terlalu sering sanggup menjadikan gangguan kesehatan yang biasa disebut hiperemesis gravidarum.
3).   Sering kencing. Keadaan ini terjadi pada kehamilan bulan-bulan pertama disebabkan uterus yang membesar menekan pada kandung kemih, tanda-tanda ini akan hilang pada trimester kedua kehamilan. Pada final kehamilan tanda-tanda ini akan kembali terjadi lantaran kandung kemih ditekan oleh kepala janin.
4).   Mammae membesar, tegang dan sedikit nyeri. Disebabkan oleh efek estrogen dan progesteron yang merangsang duktus dan alveoli payudara. Kelenjar Montgomery terlihat lebih membesar (Rustam Mochtar, 1998).
5).   Striae dan hiperpigmentasi kulit. Pada pipi, hidung dan dahi tampak deposit pigmen yang hiperbola yang dikenal dengan cloasma gravidarum. Areola mammae menghitam. Pada linea alba tampak menjadi lebih hitam.
6).   Obstipasi terjadi lantaran tonus otot menurun yang disebabkan oleh efek hormon steroid (Hanifa, 2005).
7).   Epulis ialah suatu hipertrofi papilla gingivae. Sering terjadi pada triwulan pertama (Hanifa, 2005).
8).   Varises. Sering dijumpai pada triwulan terakhir. Didapat pada kawasan genetalia eksterna, fossa poplitea, kaki dan betis. Pada multigravida kadang kala varises ditemukan pada kehamilan yang terdahulu, timbul kembali pada triwulan pertama (Hanifa, 2005).
b.      Tanda-tanda kemungkinan hamil ialah :
1).   Tanda hegar
Dengan meletakkan 2 jari pada forniks posterior dan tangan lain di dinding perut diatas simpisis pubis, maka terasa korpus uteri seolah-olah terpisah dengan serviks ( istmus sangat lembek pada kehamilan). Pada kehamilan 6 – 8 ahad dengan investigasi bimanual sudah sanggup diketahui tanda hegar ini (Hanifa, 2005).
2).   Tanda piskacek
Tanda piskacek ialah suatu pembesaran uterus yang tidak rata hingga menonjol terang kejurusan uterus yang membesar (uterus dalam keadaan hamil tumbuh cepat pada tempat implantasinya) (Armi, 2006).
3).   Tanda Braxton hicks
Uterus pada ketika hamil bila dirangsang gampang berkontraksi. Kontraksi yang tidak teratur tanpa nyeri disebut kontraksi Braxton Hicks. Adanya kontraksi Braxton Hicks ini memperlihatkan bahwa kehamilan bukan kehamilan ektopik (Armi, 2006).
4).   Tanda ballotement
Pada kehamilan muda (kira-kira 20 minggu) air ketuban jauh lebih banyak sehingga dengan menggoyangkan uterus atau sekonyong-konyong uterus ditekan maka janin akan melenting dalam uterus, keadaan inilah yang disebut dengan ballottement (Hanifa, 2005).
5).   Tanda Chadwick ialah warna selaput lendir vulva dan vagina menjadi ungu (Hanifa, 2005).
c.      Tanda-tanda niscaya kehamilan ialah sebagai berikut :
1).   Gerakan janin dalam rahim
a).        Terlihat atau teraba gerakan janin
b).        Teraba bagian-bagian janin

2).   Denyut jantung janin
a).        Didengar dengan stetoskop laenec, alat kardiotokografi, alat dopler.
b).        Dilihat dengan ultrasonografi.
c).        Pemeriksaan dengan alat canggih, yaitu rontgen untuk melihat kerangka janin, ultrasonografi.
            Untuk membantu menciptakan diagnosa kehamilan sedini-dininya sanggup dilakukan beberapa investigasi berdasarkan adanya khoriogonadotropin (human chorionic gonadotropin = HCG) yang dihasilkan oleh plasenta (Armi, 2006).
4.   Perubahan Fisiologis dan Psikologis
a.   Perubahan fisiologis ibu hamil
      1). Rahim atau uterus
               Rahim yang besarnya sejempol atau beratnya 30gram akan     menjadi 1000gram ketika final kehamilan (Rustam Mochtar, 1998).
      2). Vagina (liang senggama)
                        Vagina dan vulva akan mengalami peningkatan pembuluh darah lantaran efek estrogen sehingga tampak makin merah dan kebiru-biruan.
      3). Ovarium
            Dengan terjadinya kehamilan, indung telur yang mengandung korpus luteum gravidarum akan meneruskan fungsinya hingga terbentuknya plasenta yang tepat pada umur kehamilan 16 minggu.
      4). Payudara
            Payudara menjadi lebih besar, glandula Montgomery makin tampak, areola payudara makin hiperpigmentasi (menghitam), putting susu makin menonjol.
      5). Sirkulasi darah
            Sel darah makin meningkat jumlahnya untuk mengimbangi pertumbuhan janin dalam rahim. Serum darah (volume darah) meningkat sebesar 25-30% sedangkan sel darah bertambah sekitar 20% (manuaba, 1998).
      6). Berat tubuh ibu hamil bertambah
            Berat tubuh ibu hamil akan bertambah antara 6,5 hingga 16,5 kg selama hamil atau terjadi kenaikan berat tubuh sekitar 0,5 kg/minggu (Rustam Mochtar, 1998).
b.   Perubahan psikologis
1).  Perubahan psikologis trimester I
                  Segera sesudah konsepsi kadar harmon estrogen dan progesterone kehamilan akan meningkat dan ini akan mengakibatkan timbulnya mual dan muntah pada pagi hari, lemah, lelah dan mengakibatkan membesarnya payudara. Ibu merasa tidak sehat dan sering kali membenci kehamilannya. Banyak ibu yang mencicipi kekecewaan, penolakan, kecemasan dan kesedihan. Sering kali biasanya pada awal kehamilannya ibu berharap untuk tidak hamil.
                  Pada trimester pertama seorang ibu akan selalu mencari tanda-tanda untuk lebih meyakinkan bahwa dirinya memang hamil. Setiap perubahan yang terjadi pada tubuhnya akan selalu diperhatikan dengan seksama, lantaran perutnya masih kecil, kehamilan merupakan diam-diam seorang ibu yang mungkin diberitahukannya pada orang lain atau dirahasiakannya (PusDikNaKes, 2003).
2). Perubahan psikologis trimester II
            Trimester kedua biasanya ialah ketika ibu merasa sehat. Tubuh ibu sudah terbiasa dengan kadar hormon yang lebih tinggi dan rasa tidak nyaman lantaran hamil sudah berkurang. Perut ibu belum terlalu besar sehingga belum dirasakan sebagai beban. Ibu sudah mendapatkan kehamilannya dan mulai sanggup memakai energi dan pikirannya secara lebih konstruktif. Pada trimester ini pula ibu sanggup mencicipi gerakan bayinya dan ibu mulai mencicipi kehadiran bayinya bagi seorang diluar dari dirinya sendiri. Banyak ibu yang merasa terlepas dari rasa kecemasan, rasa tidak nyaman menyerupai yang dirasakannya pada trimester pertama dan mencicipi meningkatnya libido.

3). Perubahan psikologis trimester III
            Trimester ketiga sering kali disebut periode menuggu dan waspada lantaran pada ketika itu ibu merasa tidak sabar menuggu kelahiran bayinya. Seorang ibu mungkin mulai mencicipi takut akan rasa sakit dan ancaman fisik yang akan timbul pada waktu melahirkan. Rasa tidak nyaman akhir kehamilan timbul kembali pada trimester ketiga dan banyak ibu yang merasa dirinya gila dan jelek. Disamping itu ibu mulai merasa duka lantaran akan berpisah dengan bayinya dan kehilangan perhatian khusus yang diterima selama hamil. Pada trimester inilah ibu memerlukan dukungan dari suami, keluarga dan bidan.
5.   Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kehamilan
Ada tiga faktor yang mempengaruhi kehamilan yaitu faktor fisik, faktor psikologis, dan faktor sosial budaya dan ekonomi.
            a.   Faktor Fisik
Seorang ibu hamil dipengaruhi oleh status kesehatan dan status gizi tersebut. Status kesehatan sanggup diketahui dengan memeriksakan diri dan kehamilannya ke pelayanan kesehatan terdekat, puskesmas, rumah bersalin atau poliklinik kebidanan. Selain itu status gizi ibu hamil juga merupakan hal yang sangat kuat selama masa kehamilan. Kekurangan gizi tentu saja akan mengakibatkan akhir yang buruk bagi si ibu dan janinnya. Ibu sanggup menderita anemia, sehingga suplai darah yang mengantarkan oksigen dan masakan pada janinnya akan terhambat, sehingga janin akan mengalami gangguan pertumbuhan dan perkembangan. Di lain pihak kelebihan gizi pun ternyata sanggup berdampak yang tidak baik juga terhadap ibu dan janin. Janin akan tumbuh besar melebihi berat normal, sehingga ibu akan kesulitan ketika proses persalinan.
c.      Faktor Psikologis
                  1). Stess
            Stress yang terjadi pada ibu hamil sanggup mempengaruhi kesehatan ibu dan janin. Janin sanggup mengalami keterlambatan perkembangan atau gangguan emosi ketika lahir nanti kalau stress pada ibu tidak tertangani dengan baik.

                  2). Dukungan keluarga
            Merupakan andil yang besar dalam memilih status kesehatan ibu. Jika seluruh keluarga mengharapkan kehamilan., mendukung bahkan memperlihatkan dukungannya dalam banyak sekali hal, maka ibu hamil akan merasa lebih percaya diri, lebih senang dan siap dalam menjalani kehamilan, persalinan dan masa nifas.
            c.   Faktor lingkungan sosial, budaya dan ekonomi
Faktor ini mempengaruhi kehamilan dari segi gaya hidup, adab istiadat, akomodasi kesehatan dan tentu saja ekonomi. Gaya hidup sehat ialah gaya hidup yang digunakan ibu hamil. Seorang ibu hamil sebaiknya tidak merokok, bahkan kalau perlu selalu menghindari asap rokok, kapan dan dimana pun ia berada. Perilaku makan juga harus di perhatikan, terutama yang berafiliasi dengan adab istiadat. Jika ada masakan yang di pantang adab padahal baik untuk gizi ibu hamil, maka sebaiknya tetap dikonsumsi. Demikian juga sebaliknya. Yang tak kalah penting ialah personal hygiene. Ibu hamil harus selalu menjaga kebersihan dirinya, mengganti pakaian dalamnya setiap kali terasa lembab, memakai bra yang menunjang payudara, dan pakaian yang menyerap keringat.
Ekonomi juga selalu menjadi faktor penentu dalam proses kehamilan yang sehat. Keluarga dengan ekonomi yang cukup sanggup memeriksakan kehamilannya secara rutin, merencanakan persalinan di tenaga kesehatan dan melaksanakan persiapan lainnya dengan baik. Namun dengan adanya perencanaan yang baik semenjak awal, menciptakan tabungan bersalin, maka kehamilan dan proses persalinan sanggup berjalan dengan baik.
6.   Kebutuhan Ibu Hamil
a.   Kebutuhan ibu hamil trimester I
1). Diet dalam kehamilan
            Ibu dianjurkan untuk makan masakan yang gampang dicerna dan makan masakan yang bergizi untuk menghindari adanya rasa mual dan muntah begitu pula nafsu makan yang menurun. Ibu hamil juga harus cukup minum 6-8 gelas sehari.
2). Pergerakan dan gerakan badan
            Ibu hamil boleh mengerjakan pekerjaan sehari-hari akan tetapi jangan terlalu lelah sehingga harus di selingi dengan istirahat. Istirahat yang dibutuhkan ibu 8 jam pada malam hari dan 1 jam pada siang hari.
3). Hygiene dalam kehamilan
            Ibu dianjurkan untuk menjaga kebersihan tubuh untuk mengurangi kemungkinan infeksi, kebersihan gigi juga harus dijaga kebersihannya untuk menjamin pencernaan yang sempurna.
4). Koitus
            Pada umumnya koitus diperbolehkan pada masa kehamilan kalau dilakukan dengan hati-hati. Pada final kehamilan, sebaiknya tidak boleh lantaran sanggup menimbulkan perasaan sakit dan perdarahan. Pada ibu yang mempunyai riwayat abortus, ibu dianjurkan untuk koitusnya di tunda hingga dengan 16 ahad lantaran pada waktu itu plasenta telah terbentuk.
5). Ibu diberi imunisasi TT1 dan TT2.
b.   Kebutuhan ibu hamil trimester II
1).  Pakaian dalam kehamilan
            Menganjurkan ibu untuk mengenakan pakaian yang nyaman digunakan dan yang berbahan katun untuk mempermudah perembesan keringat. Menganjurkan ibu untuk tidak memakai sandal atau sepatu yang berhak tinggi lantaran sanggup mengakibatkan nyeri pada pinggang.
2). Nafsu makan meningkat dan pertumbuhan yang pesat, maka ibu dianjurkan untuk mengkonsumsi protein, vitamin, juga zat besi.
3). Ibu diberi imunisasi TT3.
c.  Kebutuhan ibu hamil trimester III
      1). Mempersilahkan kelahiran dan kemungkinan darurat
a)      Bekerja sama dengan ibu, keluarganya, serta masyarakat untuk mempersiapkan planning kelahiran, termasuk mengidentifikasi penolong dan tempat persalinan, serta perencanaan tabungan untuk mempersiapkan biaya persalinan.
b)      Bekerja sama dengan ibu, keluarganya dan masyarakat untuk mempersiapkan planning kalau terjadi komplikasi, termasuk :
-       Mengidentifikasi kemana harus pergi dan transportasi untuk mencapai tempat tersebut.
-       Mempersiapkan donor darah.
-       Mengadakan persiapan financial.
-       Mengidentifikasi pembuat keputusan kedua kalau pembuat keputusan pertama tidak ada ditempat.
      2). Memberikan konseling wacana tanda-tanda persalinan
a)      Rasa sakit oleh adanya his yang tiba lebih kuat, sering dan teratur.
b)      Keluar lendir bercampur darah (show) yang lebih banyak lantaran robekan-robekan kecil pada servik.
c)      Kadang-kadang ketuban pecah dengan sendirinya.
d)     Pada investigasi dalam: servik mendatar dan pembukaan telah ada (Rustam Mochtar, 1998).
7.   Tujuan Asuhan Kehamilan
            Adapun tujuan dari investigasi kehamilan yang disebut dengan Ante Natal Care (ANC) tersebut ialah :
a)      Memantau kemajuan kehamilan, dengan demikian kesehatan ibu dan janin pun sanggup dipastikan keadaannya.
b)      Meningkatkan dan mempertahankan kesehatan fisik dan mental ibu, lantaran dalam melaksanakan investigasi kehamilan, petugas kesehatan (bidan atau dokter) akan selalu menawarkan saran dan informasi yang sangat berkhasiat bagi ibu dan janinnya.
c)      Mengenali secara dini adanya ketidaknormalan atau komplikasi yang mungkin terjadi selama kehamilan dengan melaksanakan investigasi pada ibu hamil dan janinnya.
d)     Mempersiapkan ibu biar sanggup melahirkan dengan selamat. Dengan mengenali kelainan secara dini, menawarkan informasi yang tepat wacana kehamilan dan persalinan pada ibu hamil, maka persalinan diharapkan sanggup berjalan dengan lancar, menyerupai yang diharapkan semua pihak.
e)      Mempersiapkan biar masa nifas berjalan normal. Jika kehamilan dan persalinan sanggup berjalan dengan lancar, maka diharapkan masa nifas pun sanggup berjalan dengan lancar.
f)       Mempersiapkan kiprah ibu dan keluarga dalam mendapatkan bayi. Bahwa salah satu faktor kesiapan dalam mendapatkan bayi ialah kalau ibu dalam keadaan sehat sesudah melahirkan tanpa kekurangan suatu apapun.
Tujuan utama ANC ialah untuk memfasilitasi hasil yang sehat dan positif bagi ibu dan bayinya dengan cara membina kekerabatan saling percaya dengan ibu, mendeteksi komplikasi-komplikasi yang sanggup mengancam jiwa, mempersiapkan kelahiran dan menawarkan pendidikan.
Asuhan antenatal penting untuk menjamin biar proses alamiah tetap berjalan normal selama kehamilan (PusDikNaKes, 2003).
8.   Kunjungan Antenatal
Standar pelayanan antenatal ada 14 T yaitu:
a.    Tanya dan sapa ibu.
b.    Timbang BB dan ukur TB.
c.    Ukur tekanan darah.
d.    Temukan kelainan.
e.    Tekan payudara.
f.     Ukur TFU.
g.    Test Leopold dan DJJ.
h.    Test laboratorium.
i.      Imunisasi TT.
j.      Pemberian tablet Fe.
k.    Tingkatkan senam hamil.
l.      Tingkatkan pengetahuan.
m.   Temu wicara.
            Kunjungan antenatal sebaiknya dilakukan paling sedikit 4 kali selama kehamilan yaitu 1 kali pada trimester I, 1 kali pada trimester II, dan 2 kali pada trimester III (Saifuddin, 2002).
Dengan antenatal care harus diusahakan agar:
a.    Wanita hamil semenjak awal hingga final kehamilan kesehatan fisik maupun mental.
b.    Mengurangi penyulit-penyulit atau kelainan fisik dan psikologis serta menemukan dan mengobati secara dini.
c.    Persalinan berlangsung tanpa kesulitan dan anak yang dilahirkan sehat serta ibu dalam kondisi sehat pasca persalinan (Armi, 2006).
9.      Proses Pencapaian Peran Ibu
Menurut teori Rubin mengenai pencapaian kiprah ibu ada suatu proses dari kegiatan Taking On, Taking In, dan Letting Go yaitu:
a.       Aktivitas Taking On: Mimicry/ memalsukan dan bermain peran/ role play
Mimicry ialah memalsukan perbuatan atau sikap orang lain yang menjadi role model baginya (missal perempuan lain yang sedang hamil) dan berguru dari banyak sekali sumber wacana hal-hal yang akan dihadapinya nanti, (missal: apa yang aka terjadi dan bagaimana rasanya melahirkan, atau bagaimana bayi itu pada masa-masa awal sesudah lahir), yang disukai akan diadopsi dan yang tidak disukai akan dihindari.
b.      Aktivitas Taking In: Fantasi dan Introyeksi-Proyeksi-Rejeksi
Dalam fantasi, seorang perempuan membayangkan dirinya nanti. Misalnya: akan menyerupai apa nanti ketika melahirkan, baju apa yang akan dipakaikan ke bayinya, hubungannya dengan suami dan anggota keluarga lain sesudah persalinan. Fantasi ini memungkinkan si perempuan menyebarkan pemahaman wacana bagaimana ia kan berperilaku.
c.       Aktivitas Letting Go: Griefwork
Mereview, mengingat kembali hal-hal yang berafiliasi dengan kiprah diri sebelumnya dan melepaskan kiprah yang tidak lagi sesuai atau tidak memungkinkan lagi dilakukan. Pengalaman, hubungna interpersonal dan situasi yang berkaitan dengan diri yang kemudian sanggup actual atau hanya harapan, menyenangkan atau tidak menyenangkan. Hal ini membantu melepaskan secara perlahan-lahan kelekatannya dengan “mantan ” dirinya. ()
10.  Standar Pelayanan Antenatal
Terdapat enam standar dalam standar pelayanan antenatal dari 25 standar pelayanan kebidanan menyerupai berikut ini:
a.       Standar 3: Identifikasi Ibu Hamil
Pernyataan standar:
Bidan melaksanakan kunjungan rumah dan berinteraksi dengan masyarakat secara terpola untuk menawarkan penyuluhan dan memotivasi ibu, suami dan anggota keluarganya biar mendorong ibu untuk memeriksakan kehamilannya semenjak dini secara teratur.
b.      Standar 4: Pemeriksaan dan Pemantauan Antenatal
Pernyataan standar:
Bidan menawarkan sedikitnya 4 x pelayanan antenatal. Pemeriksaan mencakup anamnesis dan pemantauan ibu dan janin dengan seksama untuk menilai apakah perkembangan berlangsung normal. Bidan juga harus mengenal kehamilan risti/ kelainan, khususnya anemia, kurang gizi, hipertensi, PMS/ nanah HIV; menawarkan pelayanan imunisasi, nasehat, dan penyuluhan kesehatan serta tugaas terkit lainnya yang diberikan oleh puskesmas. Mereka harus mencatat data yang tepat pada setiap kunjungan. Bila ditemukan kelainan. Mereka harus bisa mengambil tindakan yang diharapkan dan merujuknya untuk tindakan selanjutnya.
c.       Standar 5: Palpasi Abdominal
Pernyataan standar:
Bidan melaksanakan investigasi abdominal secara seksama dan melkakan palpasi untuk memperkirakan usia kehamailan; serta bila umur kehamilan bertambah, menilik posisi, serpihan terendah janin dan masukna kepala janin ke dalam rongga panggul, untuk mencari kelainan sera melaksanakan referensi tepat waktu.
d.    Standar 6: Pengelolaan Anemia pada Kehamilan
Pernyataaan standar:
Bidan melaksanakan tindakan pencegahan, penemuan, penanganan dan/ atau referensi semua kasus anemia pada kehamialn sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
e.    Standar 7: Pengelolaan Dini Hipertensi pada Kehamilan
Pernyataan standar:
Bidan menemukan secara dini setiap kenaikan tekanan darah pada kehamilan dan mengenali tanda serta tanda-tanda preeklamsia lainnya, serta mengambil tindakan yang tepat dan merujuknya.
f.     Standar 8: Persiapan Persalinan
Pernyataan standar:
Bidan menawarkan saran yang tepat kepada ibu hamil, suami serta keluarganya pada trimester ketiga, untuk memastikan bahwa persiapan persalinan yang higienis dan kondusif serta suasana yang menyenangkanakan direncanakan dengan baik, di samping persiapan transportasi dan biaya untuk merujuk, bila tiba-tiba terjadi keadaan gawat darurat. Bidan hendaknya melaksanakan kunjungan rumah untuk hal ini. (Departemen Kesehatan RI, 1999)

Sumber http://jurnalbidandiah.blogspot.com/
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Materi Konsep Dasar Kehamilan Lengkap"

Posting Komentar