Materi Kuliah Bidan

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280

 Materi Kuliah Bidan

Materi Kuliah bidan yang dasar dan awal yang perlu di pelajari yakni sanggup mengerti dan bisa menjelaskan kebutuhan dasar ibu hamil sesuai tahap perkembangannya dengan baik dan benar. Tahap perkembangan ibu hamil di mulai oleh beberapa proses. Yang harus di pahami di dalam materi kuliah bidan oleh seorang mahasiswa yakni pertama proses ketidaknyamanan yang dialami oleh ibu hamil dan cara mengatasinya, kedua melaksanakan kegiatan kunjungan kepada calon ibu sehingga sanggup memonitoring pertumbuhan janin dan perkembangan kehamilan ibu, dalam penetapan kunjungan diusahakan untuk sanggup mengetahui dan mengestimasi tanggal kelahiran bayi, dan ketiga yakni pekerjaan yang dilakukan oleh ibu hamil yang juga harus diperhatikan lantaran pekerjaan yang dilakukan mensugesti pertumbuhan janin serta sanggup menjadikan bayi premature apabila tidak dilakukan monitoring yang benar, dan yang terakhir yang dipelajari dalam materi kuliah bidan yakni tanda ancaman di dalam masa kehamilan.

Beberapa proses ketidaknyamanan yang dialami oleh ibu hamil diantaranya :
  • Sering buang air kecil
  • Striae gravidarum
  • Hemoroid
  • Kelelahan / Fatigue
  • Keputihan
  • Keringat bertambah
  • Sembelit
  • Kram pada kaki
  • Mengidam (pica)
  • Napas sesak
  • Nyeri ligamentum rotundum
  • Berdebar- debar (palpitasi jantung)
  • Panas perut (heartburn)
  • Perut kembung
  • Pusing / sinkop
  • Mual dan muntah
  • Sakit punggung atas dan bawah
  • Varises pada kaki

BIDAN

Sebenarnya ada 4 hal yang di pelajari di dalam materi kuliah bidan menyerupai yang sudah saya sebutkan di atas, tetapi secara edukatif sanggup disebut dengan istilah fisiologis kehamilan, fisiologis nifas, fisiologis persalinan, dan yang terakhir fisiologis fetus.

Materi kuliah bidan wacana fisiologis kehamilan berisi wacana diagnosis kehamilan, diantaranya :
  1. memastikan adanya kehamilan atau yang biasa disebut dengan certain signs
  2. penanganan perubahan fisiologis yang disebabkan oleh perubahan sekresi  hormon pada masa kehamilan terutama hormon progesteron, estrogen, human chorionic gonatrodoprin(hCG), human placental Lactogen (hPL), relaksin, hormon adrenal dan hipofisis, hormon tiroksin
  3. berikutnya yaitu wacana perubahan anatomi dan fisiologis sistem reproduksi mencakup uterus, decidua, miometrium, serviks, vagina, ovarium, mammae atau payudara
  4. peningkatan berat tubuh selama kehamilan pada masing-masing system reproduksi mengalami pertumbuhan sehingga menjadikan peningkatan berat tubuh yang masing-masing mempunyai tingkat massa kenormalan.
  5. adaptasi sistem kardiovaskuler pada kehamilan mulai dari volume darah, curah jantung, sampai tekanan darah yang terjadi.
  6. adaptasi fisiologis sistem hematologis pada kehamilan
  7. adaptasi sistem respirasi pada kehamilan
  8. adaptasi sistem eksresi pada kehamilan
  9. adaptasi fisiologis pada sistem pencernaan pada kehamilan
  10. adaptasi fisiologis sistem integumentum pada kehamilan
  11. penentuan usia kehamilan sampai estimasi tanggal kelahiran.

Materi Kuliah Bidan wacana fisiologi kehamilan mencakup diantaranya :
  1. pengertian persalinan
  2. sebab-sebab mulainya persalinan
  3. tahapan persalinan yang mencakup kala pembukaan, kala pengeluaran janin, kala pengeluaran plasenta dan yang terakhir yakni kala pengawasan biasanya 2 jam sesudah kala pengeluaran plasenta.
  4. faktor-faktor yang mensugesti persalinan
  5. penurunan kepala janin berdasarkan sistem perlimaan
  6. karakteristik persalinan bahwasanya dan persalinan semu
  7. penapihan dikala persalinan
  8. konsep molage pada persalinan (penyusupan tulang kepala janin)
  9. mekanisme persalinan normal .

Materi Kuliah Bidan wacana fisiologis nifas mencakup :
  1. pengertian nifas
  2. involusi dan subinvolusi uterus
  3. tahapan perubahan lokia masa nifas
  4. perubahan fisiologis pada ibu nifas
  5. perubahan psikologis pada masa nifas

Materi kuliah bidan selanjutnya yakni penyesuaian fisiologis fetus, masa yang paling dinamis dari seluruh siklus kehidupan yakni beberapa jam pertama sesudah kelahiran lantaran bayi berpindah dari ketergantungan total ke kemandirian fisiologis. Proses perubahan yang rumit ini biasa di bagi  dengan beberapa periode yang terdiri dari
  1. masa transisi perubahan pernafasan
  2. perubahan sirkulasi
  3. termoregulasi dan penyesuaian fisiologi sistem metabolisme
  4. perubahan pada sistem hematologi
  5. perubahan pada sistem gastrointestinal
  6. perubahan pada sistem imun
  7. perubahan pada sistem ginjal
  8. ikterus neonatorum fisiologis .

Suatu kehamilan yakni anugerah dari Illahi oleh alasannya yakni itu tidak seharusnya di sia-siakan dan justru seharusnya diselamatkan, di rawat, di monitoring supaya perkembangan dari kehamilan itu sanggup berkembang dengan baik sesuai dengan yang di harapkan. Suatu kehamilan merupakan proses regenerasi seseorang ke generasi yang gres yang akan meneruskan kehidupan. Di sinilah tugas serta seorang bidan untuk sanggup membantu dalam memelihara proses regenerasi mulai dari member penyuluhan, memonitoring, dan membantu proses kelahiran janin serta membantu dalam memelihara dan merawat bayi dengan baik sehingga pertumbuhan bayi sanggup menjadi optimal.

Untuk menjadi seorang bidan yang baik maka di dalam proses pendidikan memerlukan suatu pendidikan yang komplek yang semuanya berisi wacana materi kuliah bidan yang baik, biasanya di rangkum dalam suatu modul dan di pelajari secara berurutan sehingga seorang bidan sanggup menguasai keseluruhan materi dan sudah sanggup eksklusif terjun ke lapangan dengan berbekal materi yang sudah di terimanya di perkuliahan.

Seorang bidan yang baik dan berkualitas yang sudah menguasai materi kuliah bidan niscaya bisa memperlihatkan supervise, asuhan dan memperlihatkan nasehat yang di butuhkan kepada ibu selama masa kehamilan, pada masa persalinan, dan masa sesudah persalinan. Seorang bidan yang baik juga harus bisa memimpin persalinan atas tanggung jawab sendiri serta bisa memperlihatkan asuhan kepada bayi yang gres lahir. Asuhan yang dilakukan merupakan tindakan preventif, sanggup mengetahui kondisi bayi apakah normal atau asing serta harus bisa mengupayakan dukungan medis dan melaksanakan tindakan gawat darurat.

Seorang bidan mempunyai kewenangan untuk memperlihatkan pelayanan kebidanan kepada dewasa putrid, calon pengantin, ibu hamil, ibu bersalin, dikala ibu nifas, masa interval, klimakterum dan pada dikala menopause, serta sanggup memperlihatkan pelayanan kepada bayi yang gres lahir, bayi lima tahun dan anak pra sekolah.



biar artikel Materi kuliah Bidan ini sanggup membantu memperlihatkan embel-embel isu wacana materi kuliah terutama yang akan menempuh perkuliahan kebidanan.

salam dumay (^_^)

ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Materi Kuliah Bidan"

Posting Komentar