Tanda-Tanda Ancaman Kehamilan

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280

Dalam melaksanakan administrasi kebidanan, bidan harus waspada terhadap tanda-tanda ancaman dalam kehamilan kalau tidak terdeteksi sanggup menjadikan kematian. Tanda-tanda ancaman kehamilan yakni tanda-tanda yang menawarkan bahwa ibu dan bayi dalam keadaan bahaya.
Setiap kunjungan ANC bidan harus mengajarkan kepada ibu untuk mengenali tanda ancaman ini dan mendorong ibu untuk tiba ke klinik kalau mengalami tanda-tanda ancaman tersebut..Pengenalan tanda ancaman ini perlu juga diberitahukan pada keluarga. Agar sanggup menciptakan keputusan segera untuk mendapat pelayanan kebidanan. Jika sudah terdeteksi tanda bahaya, maka bidan sanggup menciptakan assesment dan rencana penatalaksanaan yang sesuai.
Enam tanda ancaman selama periode kehamilan
  • Perdarahan pervaginam
  • Sakit kepala yang hebat, menetap dan tidak hilang
  • Perubahan visual secara tiba-tiba (mata berkunang-kunang)
  • Pembengkakan pada wajah dan tangan
  • Sakit abdomen atau nyeri pada ulu hati yang hebat
  • Pergerakan bayi berkurang tidak menyerupai biasanya atau bahkan tidak ada pergerakan
Perdarahan pervaginam
tanda ancaman dalam kehamilan kalau tidak terdeteksi sanggup menjadikan simpulan hidup Tanda-tanda ancaman kehamilan
Perdarahan melalui vagina pada kehamilan jarang sekali merupakan hal yang normal. Pada dikala yang dini dalam masa kehamilan, para ibu mungkin akan melihat adanya perdarahan sedikit atau bintik darah sekitar waktu pertama kali haid mereka berhenti. Perdarahan ini yakni perdarahan implementasi (penanaman) dan hal itu yakni normal. Cara mendeteksinya seorang bidan harus meminta ibu untuk menjelaskan sifat-sifat perdarahannya, kapan mulai terjadi flek, berapa banyak darah yang sudah hilang, apa warna darah tersebut, adakah gumpalan darah beku dan lain-lain.
Pada waktu-waktu lain dalam masa kehamilan, perdarahan ringan mungkin sanggup merupakan suatu membuktikan dari cervix yang rapuh. Perdarahan jenis ini sanggup merupakan hal yang normal atau sanggup juga sebagai membuktikan adanya infeksi. Cara pengumpulan datanya lakukan investigasi tekanan darah, suhu, denyut, serta tonus jantung bayi.
Pada awal kehamilan, perdarahan yang tidak pernah boleh dianggap normal yakni perdarahan yang merah, berat dan menyakitkan. Perdarahan menyerupai ini sanggup menjadi membuktikan telah terjadi abortus kehamilan, atau kehamilan ektopik. Tugas bidan yakni melaksanakan investigasi luar, raba dan rasakan kelembutan abdominal bab bawah, lakukan investigasi inspekulo (jika memungkinkan)
Pada usia kehamilan selanjutnya, perdarahan asing yakni merah, banyak dan adakala walaupun tidak selalu, bertalian dengan rasa nyeri. Perdarahan jenis ini sanggup menjadi membuktikan adanya placenta previa atau placenta abruption. Pada masalah plasenta previa jangan sekali-kali melaksanakan investigasi dalam.
Sakit kepala yang hebat
tanda ancaman dalam kehamilan kalau tidak terdeteksi sanggup menjadikan simpulan hidup Tanda-tanda ancaman kehamilan
Sakit kepala semasa kehamilan yakni normal dan sering merupakan ketidaknyamanan yang umum dalam kehamilan. Sakit kepala yang mungkin mengindikasikan suatu duduk masalah yang serius yakni sakit kepala yang andal yang berlangsung terus menerus dan tidak sanggup hilang dengan jalan istirahat. Kadang-kadang, dengan sakit kepala yang sangat berat, seorang ibu sanggup mencicipi bahwa penglihatan/pemandangan matanya sanggup kabur atau ibu tersebut melihat adanya bintik hitam dihadapan matanya. Sakit kepala berat dalam masa kehamilan merupakan tanda-tanda dari preeklampsia.
Pentalaksanaan dengan cara menanyakan kepada ibu apakah ia mengalami edema/pembengkakan pada wajah/tangan atau terjadi duduk masalah penglihatan. Periksa tekanan darah, protein urine, refleks dan edema. Periksa suhu badannya dan kalau suhunya naik pertimbangkan untuk menilik darah untuk mengetahui apakah ada penyakit/parasit malaria.
Masalah penglihatan
Oleh alasannya pengaruh-pengaruh hormonal, akuitas visual (ketajaman penglihatan) seorang ibu sanggup berubah pada dikala kehamilan. Perubahan kecil dalam masa ini yakni normal.
Masalah penglihatan yang sanggup mengindikasikan kondisi yang mengancam jiwa ialah perubahan tiba-tiba dalam penglihatan, menyerupai kekaburan penglihatan atau melihat adanya bintik-bintik dihadapan mata. Perubahan-perubahan menyerupai ini sanggup dibarengi dengan sakit kepala berat. Perubahan penglihatan yang tiba-tiba sanggup merupakan membuktikan adanya preeklamsia.
Pada masalah ini lakukan investigasi tekanan darah, protein urine, refleks dan edema.
Pembengkakan di wajah atau tangan
Hampir setengah dari jumlah seluruh perempuan niscaya mengalmi sedikit pembengkakan yang sifatnya normal pada kaki dan telapak kaki yang biasanya muncul pada simpulan (sore) hari dan biasanya akan hilang sesudah istirahat atau dengan meninggikan kaki sedikit.
Pembengkakan yang sanggup mengindikasikan adanya duduk masalah yang serius ialah bila pembengkakan tersebut berada di wjaah dan tangan, dan tidak mau hilang sesudah istirahat, dan hal ini disertai dengan keluhan-keluhan fisik lainnya. hal ini sanggup merupakan membuktikan adanya anemia, kegagalan kardiak atau pre eklampsia.
Penanganan yang dilakukan, tanyakan kepada ibu apakah ia mengalami sakit kepala dan gangguan penglihatan, penilaian derajat pembengkakan, verivikasi haemoglobin ibu (atau warna dari konjungtiva/telapak tangannya) dan tanyakan wacana tanda-tanda/gejala anemia lainnya.
Sakit abdominal yang berat
Rasa sakit abdominal yang tidak ada hubungannya dengan persalinan normal biasanya yakni tidak normal. Rasa sakit abdominal yang mungkin sanggup mengindikasikan duduk masalah yang mengancam jiwa ialah rasa sakit yang parah, terus berlanjut dan tidak sanggup diperingan dengan jalan istirahat. Hal ini sanggup berarti adanya apendicitis (radang usus buntu), penyakit radang panggul, kehamilan ektopik, abortus, gastritis, penyakit kantung empedu, abrupsi plasenta (plasenta lepas sebelum waktunya), infeksi terusan kemih atau infeksi-infeksi lainnya.
Mintalah ibu untuk menjelaskan sifat nyeri badomen tersebut, kapan terjadinya, seberapa sakitnya dan lain-lain. Tanyakan apakah ada tanda-tanda/gejala lain yang menyertai menyerupai muntah-muntah, diare, demam dan sebagainya. Lakukan investigasi tekanan darah, suhu, denyut jantung janin, denyut nadi.
Lakukan investigasi luar, dalam, raba dan rasakan kelembutan abdominalnya atau kelembutan rebound (pantulannya), periksa untuk mengetahui Costo-Vertebral Angle Tenderness (CVAT) atau nyeri pada tempat tulang dada dan tulang punggung. Periksa urine untuk mengetahui kadar proteinnya.
Pergerakan bayi berkurang tidak menyerupai biasanya
Pada dikala bayi tertidur pergerakannya akan sedikit melambat, bayi seharusnya bergerak sedikitya 3 kali dalam 3 jam. Pergerakan tersebut akan lebih gampang dirasakan ketika berbaring atau beristirahat dan pada waktu ibu cukup makan dan cukup minum
Jika bayi bergerak sebelumnya dan kini tidak bergerak lagi, tanyakan pada ibu, kapankah terakhir kalinya bayi tidak bergerak?. Lakukan perabaan untuk mengetahui dan mencicipi pergerakan janin dan dengarkan denyut jantung janin

Sumber http://jurnalbidandiah.blogspot.com/
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Tanda-Tanda Ancaman Kehamilan"

Posting Komentar