Pengertian Candidiasis Vaginalis

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280

CANDIDIASIS VAGINALIS

A.    Pengertian


 Kandidiasis Vaginalis yaitu abuh yang disebabkan oleh jamur pengertian CANDIDIASIS VAGINALIS
jamur Candidasp

     Kandidiasis Vaginalis yaitu abuh yang disebabkan oleh jamur, yang terjadi disekitar vagina. Umumnya menyerang orang-orang yang imunnya lemah. Kandidiasis sanggup menyerang perempuan disegala usia, terutama usia pubertas. Keparahannya berbeda antara satu perempuan dengan perempuan lain dan dari waktu ke waktu pada perempuan yang sama.

      Candidiasis yaitu penyakit jamur, yang bersifat akut atau subakut disebabkan oleh spesies candida, biasanya oleh spesies candida albicans dan sanggup mengenai mulut, vagina, kulit, kuku, bronki atau paru, kadang kala sanggup menimbulkan septikemia, endokarditis, atau meningitis. Nama lain dari candidiasis yaitu kandidosis, dermatocandidiasis, bronchomycosis, mycotic vulvovaginitis, muguet, dan moniliasis.
      Istilah candidiasis banyak digunakan di Amerika, sedangkan di Kanada, dan negara-negara di Eropa menyerupai Italia, Perancis, dan Inggris memakai istilah Kandidosis, konsisten dengan akhiran –osis menyerupai pada histoplasmosis dan lain-lain.

B.    Penyebab 
     Kandidiasis Vaginalis disebabkan oleh jamur candida albicans. Selain di vagina sanggup menyerang organ lain yaitu kulit, mukosa oral, bronkus, paru-paru, usus dll. Candida biasanya tidak ditularkan melalui hubungan seksual.

     Kandidiasis vagina lebih sering terjadi terutama lantaran meningkatnya pemakaian antibiotik, pil KB, dan obat-obatan lainnya yang menimbulkan perubahan suasana vagina sehingga memungkinkan pertumbuhan Candida. Kandidiasis vagina sering ditemukan pada perempuan hamil atau perempuan dalam siklus menstruasi dan pada penderita kencing manis.

C.   Gejala Klinis
1. Mengenai mukosa vulva (labia minora) dan vagina.
2. Bercak putih, kekuningan, heperemia, leukore menyerupai susu 
3. pecah, dan gatal hebat.
4. Dapat menimbulkan abuh jalan masuk kemih.


D.   Diagnosa
     Secret encer, berwarna kuning keabu-abuan, berbau anyir yang menempel pada tempat vagina. Selain itu diagnisis sanggup ditegakkan menurut hasil investigasi mikroscopis memakai sediaan apus dari secret yang dihasilkan vagina.


E.    Patogenesis
     Infeksi Kandida sanggup terjadi, apabila ada faktor predisposisi baik endogen maupun eksogen.

  1. Faktor endogen mencakup perubahan fisiologi, umur dan imonologi. Perubahan fisiologi menyerupai kehamilan (karena perubahan pH dalam vagina): kegemukan (karena banyak keringat); debilitas; latrogenik; endokrinopati (gangguan gula darah kulit); penyakit kronik menyerupai : tuberculosis, lupus eritematosus dengan keadaan umum yang buruk.
Umur misalnya : orang renta dan bayi lebih gampang terkena abuh lantaran status imunologinya tidak sempurna. Imunologi misalnya penyakit genetik.
b. Faktor eksogen mencakup : iklim, panas, dan kelembaban menimbulkan respirasi meningkat, kebersihan kulit.

F.    Pengobatan 
1. Instatin : berupa cream, salep, emulsi.

2. Grup azol : mikonazol 2% berupa cream atau bedak, klotrimazol 1% berupa bedak, larutan dan cream, tiokonazol, bufonazol, isokonazol, siklopiroksolamin 1% larutan, cream, antimikotin yang laen yang berspektrum luas.
3. Untuk kandidiasis vaginalis sanggup diberiakan kontrimazol 500mg pervaginam takaran tunggal, sistemik diberikan ketokonazol 2x200mg selam 5 hari atau dengan intrakonazol 2x200mg takaran tunggal atau dengan flukonazol 150mg takaran tunggal.
4. Intrakonazol : kalau digunakan untuk kandidiasis vulvovaginalis takaran orang cukup umur 2x100mg sehari, selama 3 hari. 

G.   Pencegahan 
Obat-obatan tidak biasa digunakan untuk mencegah kandidiasis.

Ada beberapa alasan :
a. Penyakit tersebut tidak begitu bahaya.
b. Ada obat-obatan yang efektif untuk mengobati penyakit tersebut.
c. Ragi sanggup menjadi kebal ( resistan ) terhadap obat-obatan. Memperkuat sistem kekebalan badan yaitu cara terbaik untuk mencegah jangkitan kandidiasis.

 Kandidiasis Vaginalis yaitu abuh yang disebabkan oleh jamur pengertian CANDIDIASIS VAGINALIS


Sumber http://jurnalbidandiah.blogspot.com/
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Pengertian Candidiasis Vaginalis"

Posting Komentar