Rpl Rekayasa Perangkat Lunak

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280

RPL - Rekayasa perangkat lunak

RPL yang sebetulnya merupakan akronim dari rekayasa perangkat lunak. Apa sich artinya rekayasa perangkat lunak itu?. Sebelum membahas mengenai apa itu rekayasa perangkat lunak seharusnya kita tahu apa sebetulnya dari perangkat lunak itu sendiri. Apakah perangkat lunak itu ialah barang-barang halus menyerupai makanan, serbuk-serbuk atau hal-hal lain yang lunak-lunak. Tentu saja tidak bukan! Kaprikornus apakah yang dimaksud perangkat lunak itu, perangkat lunak yang dimaksudkan di sini ialah semua kegiatan yang ada di dalam komputer. Secara definisi, perangkat lunak ialah seluruh perintah yang dipakai untuk memproses isu baik itu berupa kegiatan atau prosedur. Sedangkan kegiatan ialah kumpulan perintah yang dimengerti oleh komputer, dan mekanisme ialah perintah yang di butuhkan oleh pengguna dalam memproses informasi.
Setelah tahu arti dari perangkat lunak, kemudian apakah definisi dari rekayasa perangkat lunak itu? Sebenarnya rekayasa perangkat lunak merupakan adopsi dari pembagian terstruktur mengenai software engineering. Software engineering sendiri berdasarkan IEEE Computer Society ialah penerapan suatu pendekatan yang sistematis, disiplin dan terkuantifikasi atas pengembangan, penggunaan dan pemeliharaan perangkat lunak, serta studi atas pendekatan-pendekatan ini, yaitu penerapan pendekatan engineering atas perangkat lunak.

Setelah perkembangannya ada juga yang menyatakan bahwa rekayasa perangkat lunak ialah suatu disiplin ilmu yang membahas semua aspek produksi perangkat lunak, mulai dari tahap awal yaitu analisa kebutuhan pengguna, memilih spesifikasi dari kebutuhan pengguna, desain, pengkodean, pengujian hingga pemeliharaan sistem sesudah digunakan.

Sebenarnya rekayasa perangat lunak itu merupakan pengubahan perangkat lunak itu sendiri guna mengembangkan, memelihara dan membangun kembali dengan memakai prinsip rekayasa untuk menghasilkan perangkat lunak yang sanggup bekerja efisien dan efektif untuk pengguna.

RPL - Rekayasa perangkat lunak

Dari beberapa definisi dan klarifikasi diatas ada beberapa kategori dari suatu rekayasa perangkat lunak yaitu :
1. Maintainability yang artinya perangkat lunak sanggup terus dirawat dan dipelihara.
Pengertian lain dari maintainability ialah suatu perjuangan yang diharapkan untuk menemukan dan memperbaiki kesalahan dalam perangkat lunak. maintanability diharapkan untuk pemeliharaan perangkat lunak dimana sesudah dikembangkan dan diimplementasikan terdapat beberapa hal yang perlu diperbaiki berdasarkan hasil ujicoba maupun evaluasi. Suatu perangkat lunak yang baik dikatakan maintainability sanggup dengan gampang direvisi apabila diperlukan.

2. Dependability yang artinya perangkat lunak sanggup mengikuti perkembangan teknologi.
Dependability maksudnya suatu perangkat lunak sanggup mendapatkan amanah dan mengikuti perkembangan, secara kasarnya dependability itu maksudnya ialah kepercayaan konsumen terhadap suatu perangkat lunak.  Sebenarnya dependability itu sendiri tergantung dari beberapa faktor diantaranya availability (ketersediaan sistem pada setiap waktu diharapkan oleh sistem) , reliability (kecenderungan sistem gagal dalam melaksanakan perintah), security(bagian dari sistem yang mencerminkan kemampuan untuk berjalan secara normal tanpa mengakibatkan resiko bagi pengguna) dan safety(berkaitan dengan kehandalan sistem dalam menangkal bahaya dari luar sistem).

3. Robust yang artinya perangkat lunak sanggup mengikuti harapan pengguna.
Maksud dari robust perangkat lunak ialah kinerja atau hasil yang diharapkan meskipun dalam kondisi yang tidak ideal menyerupai adanya gangguan yang tidak terkendali yang sanggup mempengaruhi kinerja perangkat lunak.

4. efektif dan efisien dalam memakai energi dan penggunaannya
suatu perangkat lunak dikatakan efektif dan efisien artinya pengguna tidak harus melaksanakan proses yang berulang-ulang hanya untuk menghasilkan beberapa output yang diinginkan.

5. Usability yang artinya sanggup memenuhi kebutuhan yang diinginkan
Usability ialah tingkat kualitas dari perangkat lunak yang gampang dipelajari, gampang dipakai dan mendorong pengguna untuk menggunakan perangkat lunak sebagai alat bantu positif dalam menuntaskan tugas. Usability ialah suatu ukuran, dimana pengguna sanggup mengakses fungsionalitas dari sebuah perangkat lunak dengan efektif, efisien dan memuaskan dalam mencapai tujuan tertentu

Ya itulah sedikit klarifikasi mengenai RPL- rekayasa perangkat lunak versi ane gan.
Semoga membantu mitra semua yang lagi cari-cari isu (^_^)
Salam dumay

Sumber : wiki, soetjie.blogstudent.mb.ipb.ac.id,  galihmuktiaji.wordpress.com, dan beberapa blog yang belum sempat kesimpan alasannya banyaknya aku mencari referensinya :)

ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Rpl Rekayasa Perangkat Lunak"

Posting Komentar