Materi Rekayasa Perangkat Lunak

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280

Materi Rekayasa Perangkat Lunak

Rekayasa Perangkat Lunak merupakan salah satu mata kuliah yang di sanggup pada jurusan Informatika, biasanya sekitar semester 6. Rekayasa perangkat Lunak membahas mengenai semua hal yang berkaitan dengan pengembangan suatu perangkat lunak atau yang biasa kita kenal sebagai software, meskipun perangkat lunak tidak hanya software saja terkadang juga batch programming, mekanisme ataupun class dan lain sebagainya.

Rekayasa perangkat lunak juga menjadi salah satu jurusan di Sekolah Menengah kejuruan di Indonesia. Adapun pembahasan materinya di dalam sekolah menengah kejuruan menjelaskan semua ihwal proses-proses pembuatan suatu perangkat lunak, tetapi lebih ditekankan didalam proses coding dan pembuatannya saja untuk analisis dan beberapa komponen lain masih belum di perdalam.

Rekayasa perangkat lunak bekerjsama ialah proses update atau pengubahan suatu perangkat lunak yang bertujuan untuk mengembangkan, memelihara serta membangun suatu perangkat lunak biar sanggup bekerja secara efisien dan efektif bagi user.

Didalam perkuliahan materi rekayasa perangkat lunak secara garis besar ada 6 materi yaitu :
  1. Pengenalan Rekayasa Perangkat Lunak
  2. Konsep dasar rekayasa perangkat lunak
  3. Metode Pengembangan perangkat lunak
  4. Analisis Risiko
  5. Persiapan Project perangkat lunak
  6. Analisis Desain
  7. Testing dan implementasi
Di dalam materi pengenalan rekayasa perangkat lunak yang pertama dipelajari ialah materi secara umum yaitu pengertian menurut janji serta beberapa tokoh, definisi secara umum, sejarah, perkembangan, tokoh-tokohnya. Di dalam materi ini juga di jelaskan ihwal perangkat lunak secara umum, mulai dari karakteristik suatu perangkat lunak, tujuan pembuatan dari beberapa sisi baik itu dari sisi pengguna, dari sisi sponsor atau pihak yang mendanai ataupun dari sisi pengembang.

Konsep Dasar Rekayasa Perangkat Lunak. Didalam materi ini di jelaskan ihwal konsep-konsep dasar dalam membuatkan suatu perangkat lunak.  Dijelaskan juga ihwal rekayasa perangkat lunak di dalam dunia mudah atau lapangan. Di dalam materi ini juga di jelaskan ihwal siklus suatu rekayasa perangkat lunak mulai dari pra produksi, pengembangan, pasca produksi sampai rekayasa atau yang biasa kita lakukan dalam software ialah patch (menutupi kekurangan).  Di sini juga dijelaskan mengenai tingkatan perangkat lunak, jenis-jenis perangkat lunak dan perkembangan perusahaan perangkat lunak.

Metodologi pengembangan perangkat lunak atau disebut juga model proses atau paradigma rekayasa perangkat lunak ialah suatu taktik pengembangan yang memadukan proses, metode, dan perangkat (tools). Didalam matei ini di jelaskan mengenai metode-metode pengembangan perangkat lunak yang pernah di pakai dan sering di pergunakan di dalam membuatkan software diantaranya metode sekuensial linier, prototype, RAD, Fouth Generation Techniques (4GT) , spiral, metode Proses Perangkat Lunak Evolusioner (pertambahan, spiral, konkruen), dan metode formal.

Materi Rekayasa Perangkat Lunak

Analisis Resiko,di dalam matei ini di jelaskan mengenai resiko-resiko yang akan di hadapi dalam pengembangan suatu perangkat lunak. Di sini dijelaskan semua mengenai jenis-jenis resiko lalu bagaimana menanganinya atau memanagement suatu resiko. Dan Bagaimana suatu resiko itu sanggup di manfaatkan sebagai rujukan di dalam pengembangan perangkat lunak dan selanjutnya.

Persiapan Project Perangkat Lunak, di dalam materi ini menjelaskan apa saja yang perlu di siapkan di dalam membuatkan suatu project perangkat lunak. materi ini menjelaskan ihwal administrasi proyek suatu pengembangan perangkat lunak menurut tahap-tahap pengembangan yang baik, mulai dari Initiating(proyek sedang dalam proses untuk dipilih/disetujui, disponsori, didanai, dan diluncurkan. Planning (perencanaan ialah proses yang berulang dan menggambarkan proses bagaimana proyek akan dilaksanakan sampai selesai), Executing (setelah proyek direncanakan, tim proyek memulai pekerjaannya), Controlling (selama tim proyek mengerjakan tugasnya, project manager mengontrolnya) dan yang terakhir ialah Closing (setelah proyek diselesaikan project manager akan menutup proyek software).

Materi berikutnya ialah Analisis desain. Di dalam materi ini di jelaskan ihwal sistem informasi, fase-fase analisis desain, maintenance sistem, case tools, metodologi alternatif.

Materi yang terakhir ialah Testing dan Implementasi. Di jelaskan secara umum karakterisk taktik pengujian perangkat lunak, tahapan-tahapan proses pengujian, dijelaskan pula faktor-faktor apa saja yang di perlukan didalam pengujian suatu perangkat lunak. Kemudian pengimplementasian kepada user menyerupai apa dan bagaimana suatu rekayasa dianggap berhasil atau gagal.

Mata Kuliah Rekayasa Perangkat Lunak biasanya mempunyai prasayarat algoritma 1 dan 2, hal ini bertujuan biar mahasiswa yang mengampu sanggup memahami secara menyeluruh materi yang akan di sanggup sehingga tidak perlu lagi mengulang materi yang sudah di sanggup sebelumnya.

Itulah sedikit klarifikasi mengenai Materi rekayasa perangkat lunak, untuk modul rekayasa perangkat lunak sanggup di download di LINK ini.

Salam dumay (^_^)
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Materi Rekayasa Perangkat Lunak"

Posting Komentar