Karbit Dan Cara Kerjanya, Amankah Untuk Pematangan Buah ?

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280

Kenapa saya menciptakan postingan mengenai karbit awalnya ketika mengunjungi rumah sobat di Kendal dan pulangnya diberi buah tangan buah mangga berkilo-kilo fresh pribadi petik dari pohon di depan rumahnya.

Sudah berwarna hijau bau tanah tapi belum matang, kemudian disarankan untuk memakai karbit. hm.. sudah usang mendengar istilah karbit dan sepak terjangnya yang sanggup dipakai dalam pematangan buah tapi hingga ketika itu belum pernah liat menyerupai apa karbit itu. haha.. #katrok

Kenapa saya menciptakan postingan mengenai karbit awalnya ketika mengunjungi rumah sobat di  Karbit dan Cara Kerjanya,  Amankah untuk pematangan buah ?
It's Karbit
Apa itu karbit ??

Dasar paling kumat kepo nya jikalau pengen tahu something yang belum pernah diliat. 
Jadinya sebelum pulang dbelikan olehnya 2 potong karbit yang bentuknya menyerupai watu putih, harganya sih Rp. 1000,- per biji. 

Ternyata karbit itu Kalsium Karbida yang selain untuk las juga biasa dialih fungsinya untuk mempercepat pematangan buah.


Bagaimana cara kerjanya ??

Selain harus menunggu buah matang pribadi dari pohonnya, orang2 biasa memakai cara tradisional dengan cara memeram buah dengan karbit (kalsium karbida)

Di dalam buah terdapat zat kimia yang disebut etilin, zat alami tersebut yang berperan dalam proses pematangan buah. Sedangkan Karbit atau kalsium karbida (CaC2) yang bila terkena air/uap yang mengandung air akan menghasilkan gas asetilin (tidak alami) yang menghasilkan panas dan berfungsi sama menyerupai etilin sehingga buah cepat matang, dengan cara buah ditempatkan di daerah tertutup.

Buah karbitan
Cara pengarbitan sanggup dilakukan dengan cara menempatkan karbit secukupnya didalam kain yang sedikit basah. Lalu masukan karbit yang telah dibungkus kain tersebut ke dalam wadah besar daerah buah yang akan dimatangkan. selanjutnya tutup rapat tunggu hingga 2-3 hari. 

Buah-buahan yang biasa dimatangkan dengan pengarbitan ialah menyerupai mangga, pisang, alpukat, nanas dll



Amankah memakai karbit dalam pematangan buah ??

Memang selama ini pengarbitan belum ada dampak yang mencolok bagi kesehatan dan meski pengarbitan tidak mempengaruhi kandungan gizi didalam buah namun banyak jago gizi yang tidak menyarankan buah-buahan tersebut untuk dikonsumsi. 

Sesuatu yang alami itu niscaya lebih baik, dan semanis-manis buah karbitan lebih sehat buah anggun yang matang pribadi dari pohonnya.
Dalam pengarbitan, buah yang dihasilkan terkadang kurang anggun dan lebih cepat membusuk ketimbang buah yang matang dari pohonnya. dan ditakutkan dalam proses pengarbitan karbit atau gas yang dihasilkan akan melekat pada kulit buah dan dalam pengonsumsiannya apabila buah tidak dicuci maka ditakutkan karbit yang biasa untuk las akan tertelan dan pastinya akan berbahaya bagi badan kita.

Namun semuanya kembali pada diri kita sendiri. life is choice. Kalaupun kita tidak sanggup menghindari sepenuhnya hal-hal demikian patutnya kita bijak untuk menjaga teladan konsumsi kita lainnya menyerupai banyak minum air putih, olah raga, rajin beribadah dsb.







Sumber http://jurnalbidandiah.blogspot.com/
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Karbit Dan Cara Kerjanya, Amankah Untuk Pematangan Buah ?"

Posting Komentar