Peran Dan Ruang Lingkup Pendidikan Kesehatn

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280

PENDIDIKAN KESEHATAN

peran dan ruang lingkup pendidikan kesehatan Peran dan Ruang Lingkup Pendidikan Kesehatn

Pendidikan kesehatan ialah suatu penerapan konsep pendidikan di dalam bidang kesehatan. Merupakan suatu aktivitas untuk membantu individu, kelompok, atau masyarakat dalam meningkatkan kemampuan atau perilakunya, untuk mencapai kesehatan secara optimal. Peran pendidikan kesehatan :

1.   Peran pendidikan kesehatan dalam faktor lingkungan
Telah banyak akomodasi kesehatan lingkungan yang dibangun oleh instansi baik pemerintah, swasta, maupun LSM. Banyak pula proyek pengadaan sarana sanitasi lingkungan dibangun untu masyarakat. Namun, alasannya sikap masyarakat, sarana atau akomodasi sanitasi tersebut kurang atau tidak dimanfaatkan dan dipelihara sebagaimana mestinya. Agar sarana sanitasi lingkungan tersbut dimanfaatkan dan dipelihara secara optimal maka perlu adanya pendidikan kesehatan bagi masyarakat. Demikian pula dengan lingkungan non fisik, akhir masalah-masalah social banyak warga masyarakat yang menderita stress dan gangguan jiwa. Oleh alasannya itu baik dalam memperbaiki problem social maupun menangani akhir problem social diharapkan pendidikan kesehatan.

2.   Peran pendidikan kesehatan dalam faktor perilaku
Pendidikan kesehatan ialah suatu upaya atau aktivitas untuk membuat sikap masyarakat yang aman untuk kesehatan. Artinya pendidikan kesehatn berupaya biar masyarakat menyadarai atau mengetahui bagaimana cara memelihara kesehatan mereka, bagaimana menghindari atau mencegah hal-hal yang merugikan kesehatan bilamana sakit dan kesehatan orang lain, kemana seharusnya mencari kesehatan bilamana sakit dan sebaginya. Kesadaran masyarakat diatas disebut tingkat kesadaran/pengetahuan masyarakat wacana kesehatan atau disebut “melek kesehatan” (healthy literacy). Pendidikan kesehatan juga penting untuk mencapai sikap kesehatan (healthy behavior). Kaprikornus kesehatan bukan hanya disadari dan disikapi melainkan dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari.

3.   Peran pendidikan kesehatan dalam pelayanan kesehatan
Dalam rangka perbaikan kesehatan masyarakat, pemerintah Indonesia dalam hal ini Departemen Kesehatan telah menyediakan akomodasi kesehatan masyarakat dalam bentuk sentra pelayanan kesehatan (puskesmas). Namun, pemanfaatan puskesmas oleh masyarakat belum optimal atau masih rendah (35% masyarakat yang memakai puskesmas).

4. Peran pendidikan kesehatan dalam faktor hereditas
Orangtua, khususnya ibu ialah faktor yang sangat penting dalam mewariskan status kesehatan bagi belum dewasa mereka. Orang bau tanah yang sehat dan gizinya baik akan mewariskan kesehatan yang baik pula pada anaknya. Sebaliknya, kesehatan orang bau tanah khususnya kesehatn ibu yang rendah dan kurang gizi, akan mewariskan kesehatan yang rendah pula bagi anaknya. Oleh alasannya itu, pendidikan kesehatan diharapkan pada kelompok ini, biar masyarakat atau orang bau tanah menyadari dan melaksanakan hal-hal yang sanggup mewariskan kesehatan yang baik pada keturunan mereka.

Ruang lingkup pendidikan kesehatan

Ruang lingkup pendidikan kesehatan sanggup dilihat dari aneka macam dimensi, antara lain dimensi target pendidikan, dimensi kawasan pelaksanaan atau aplikasinya dan dimensi tingkat pelayanan kesehatan.

Dimensi sasarannya, pendidikan kesehatan sanggup diberikan secara :
1. Pendidikan kesehatan individual, dengan target individu.
2.   Pendidikan kesehatn kelompok, dengan target kelompok.
3. Pendidikan kesehatan masyarakat, dengan target masyarakat luas.

Dimensi kawasan pelaksanaannya, pendidikan kesehatan sanggup berlangsung di aneka macam tempat, contohnya :
1.   Pendidikan kesehatan di sekolah, dilakukan di sekolah dengan target murid.
2.   Pendidikan kesehatan di rumah sakit, dilakukan di rumah sakit engan target pasien atau keluarga pasien, di puskesmas dan sebagainya.
3.   Pendidikan kesehatan di tempat-tempat kerja dengan target buruh atau karyawan yang bersangkutan.

Sumber http://jurnalbidandiah.blogspot.com/
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Peran Dan Ruang Lingkup Pendidikan Kesehatn"

Posting Komentar