Reportase Pemeriksaan Tahu Formalin Materi Dasar Air Limbah

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Beberapa waktu kemudian di awal tahun 2011 berbagai pemberitaan baik media cetak maupun media elektronik mengenai tahu yang mengandung boraks. Karena hal tersebutlah akibatnya pemerintah menerapkan banyak investigasi terhadap kecurangan para produsen-produsen tahu tersebut.

Namun, ketika saya menonton Reportase Investigasi Trans, saya gres menyadari bahwa masih saja ada produsen tahu yang curang.

Dengan kamera tersembunyi tim Trans mendatangi produsen tahu yang cukup besar dan ketika mengikuti proses pembuatan tahu tersebut berbagai hal yang menciptakan saya tercengang. Proses awalnya pun sudah menciptakan bergidik, bagaimana tidak, air yang digunakan untuk mengolah materi tahu merupakan air limbah dari pabrik yang ada di akrab rumah produksi tahu tersebut yang tentunya air tersebut kotor bahkan terkadang terdapat bangkai tikus. Anehnya, salah satu karyawan di kawasan tersebut menyampaikan bahwa hasil tahu yang didapat dengan memakai air kotor akan leboh anggun daripada memakai air bersih. Dirinya menembahkan pula bahwa memakai air higienis tahu yang diproduksi akan gampang rusak jika ditekan.. ironis ya... -_-
Selain itu boraks, formalin dan soda api juga ditambahkan di dalam pengolahan kedelai yang merupakan materi dasar tahu . Padahal kita tahu sendiri soda api seringnya digunakan untuk mengatasi toilet yang mampet..hadewh..

Belum lagi jika sudah sampe di tangan pengecer. Hasil penelusuran Trans 3 dari 12 pengecer masih merendam tahu tersebut ke dalam boraks semoga tahan lebih lama. padahal boraks sendiri sudah dihentikan pemerintah "BERAPAPUN KADARNYA"

Pemeriksaan lab lebih lanjut terhadap sample yang dilakukan di salah satu Universitas besar, hasilnya..

 berbagai pemberitaan baik media cetak maupun media elektronik mengenai tahu yang men Reportase Investigasi tahu formalin materi dasar air limbah
coliform
ditemukan Coliform > 2400 sel/ 100 ml

Air dalam pengolahan apalagi untuk sesuatu yang akan kita makan seharusnya tidak ada kuman coliform sama sekali. Coliform sanggup dijadikan parameter kualitas air.

Air dengan kandungan coliform (biasanya terdapat di intestinal) mengindikasikan bahwa lingkungan/ air tersebut terkontaminasi kotoran manusia. Bakteri tersebut sanggup berakibat diare sampai muntaber. Juga terdapat kandungan timbal yang memiliki banyak imbas jelek menyerupai meningkatkan racun penyerang syaraf dan otak, perkembangan otak terhambat dan sanggup pula mengakibatkan keterbelakngan mental.


Namun jangan khawatir,

Selalu masih ada produsen tahu yang jujur,
Sebutlah Yayak, di kawasan produksinya, ia memakai air higienis yang bahkan bersumber pribadi dari pegunungan dan pengolahannya pun sangat diperhatikan kebersihan.

Ada beberapa TIPS dalam membedakan mana tahu yang baik dan kondusif bagi kesehatan dengan tahu yang mengandung kandungan zat yang berbahaya bagi kesehatan. silahkan disimak...

 berbagai pemberitaan baik media cetak maupun media elektronik mengenai tahu yang men Reportase Investigasi tahu formalin materi dasar air limbah
Tahu (tofu)


TAHU YANG BAIK

1. Ditekan gampang hancur
2. teksturnya berlendir
3. > 12 jam akan tercium anyir langu kedelai

TAHU YANG BERBAHAYA

1. Ditekan kenyal
2. Tekstur kesat
3.Tahu tersebut berongga namun jika ditekan tidak gampang rusak
4. di dalam suhu ruang akan berpengaruh selama 2 hari dan anyir zat kimia mulai tercium

Ada pemanis tips dalam pengolahan tahu sebagai materi masakan

Dalam mengolah tahu jangan sesaat, jadi pastikan tahu matang

Sumartini, peneliti di lab Pasundan menambahkan bahwa jika ingin tahu infinit maka kukus tahu terlebih dahulu, kemudian rendam disisa air kukusan tadi yang sudah dingin.
hal tersebut sanggup menciptakan tahu bertahan lebih usang bahkan sampai 2 minggu.



Silahkan pilih tahu terbaik buat keluarga ya..



Sumber http://jurnalbidandiah.blogspot.com/
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Reportase Pemeriksaan Tahu Formalin Materi Dasar Air Limbah"

Posting Komentar