Konsep Dasar Kebidanan Komunitas

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280

KONSEP DASAR KEBIDANAN KOMUNITAS

A.    Konsep Kebidanan Komunitas
Pelayanan kebidanan merupakan bab integral dari pelayanan kesehatan, yang diarahkan untuk mewujudkan kesehatan keluarga yang berkualitas. Pelayanan kebidanan merupakan layanan yang diberikan oleh bidan sesuai dengan kewenangan yang diberikannya dengan maksud untuk meningkatkan kesehatan ibu dan anak dalam rangka tercapainya keluarga berkualitas, senang dan sejahtera.
1.      Pengertian/ Definisi
Konsep merupakan kerangka wangsit yang mengandung suatu pengertian tertentu. Kebidanan  berasal dari kata “bidan“. Menurut komitmen antara ICM; IFGO dan WHO tahun 1993, menyampaikan bahwa bidan (midwife) yaitu “seorang yang telah mengikuti pendidikan kebidanan yang diakui oleh Pemerintah setempat, telah menuntaskan pendidikan tersebut dan lulus serta terdaftar atau menerima izin melaksanakan praktek kebidanan” (Syahlan, 1996 : 11).
Bidan di Indonesia (IBI) yaitu “ seorang perempuan yang menerima pendidikan kebidanan formal dan lulus serta terdaftar di tubuh resmi pemerintah dan menerima izin serta kewenangan melaksanakan acara praktek mandiri” (50 Tahun IBI). Bidan lahir sebagai perempuan terpercaya dalam mendampingi dan menolong ibu-ibu melahirkan, kiprah yang diembankan sangat mulia dan juga selalu setia mendampingi dan menolong ibu dalam melahirkan hingga sang ibu sanggup merawat bayinya dengan baik. Bidan diakui sebagai profesional yang bertanggungjawab yang bekerja sebagai kawan prempuan dalam menunjukkan pemberian yang diperlukan, asuhan dan nasihat selama kehamilan, periode persalinan dan post partum, melaksanakan pertolongan persalinan di bawahtanggung jwabnya sendiri dan menunjukkan asuhan pada bayi gres lahir dan bayi.
Kebidanan (Midwifery)  meliputi pengetahuan yang dimiliki dan acara pelayanan untuk menyelamatkan ibu dan bayi. (Syahlan, 1996 : 12). Komunitas berasal dari bahasa Latin yaitu “Communitas” yang berarti kesamaan, dan juga “communis” yang berarti sama, publik ataupun banyak. Dapat diterjemahkan sebagai kelompok orang yang berada di suatu lokasi/ daerah/ area tertentu (Meilani, Niken dkk, 2009 : 1). Menurut Saunders (1991) komunitas yaitu tempat atau kumpulan orang atau sistem sosial.
Dari uraian di atas sanggup dirumuskan definisi Kebidanan Komunitas sebagai segala aktifitas yang dilakukan oleh bidan untuk menyelamatkan pasiennya dari gangguan kesehatan. Pengertian kebidanan komunitas yang lain menyebutkan upaya yang dilakukan Bidan untuk pemecahan terhadap problem kesehatan Ibu dan Anak balita di dalam keluarga dan masyarakat. Kebidanan komunitas yaitu pelayanan kebidanan profesional yang ditujukan kepada masyarakat dengan pemfokusan pada kelompok resiko tinggi, dengan upaya mencapai derajat kesehatan yang optimal melalui pencegahan penyakit, peningkatan kesehatan, menjamin keterjangkauan pelayanan kesehatan yang dibutuhkan dan melibatkan klien sebagai kawan dalam perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pelayanan kebidanan (Spradly, 1985; Logan dan Dawkin, 1987 dalam Syafrudin dan Hamidah, 2009 : 1)
Pelaksanaan pelayanan kebidanan komunitas didasarkan pada empat konsep utama dalam pelayanan kebidanan yaitu : manusia, masyarakat/ lingkungan, kesehatan dan pelayanan kebidanan yang mengacu pada konsep paradigma kebidanan dan paradigma sehat sehingga diharapkan tercapainya taraf  kesejahteraan hidup masyarakat (Meilani, Niken dkk, 2009 : 8).




2.      Riwayat Kebidanan Komunitas di Indonesia
Pelayanan kebidanan komunitas dikembangkan di Indonesia dimana bidan sebagai ujung tombak pemberi pelayanan kebidanan komunitas. Bidan yang bekerja melayani keluarga dan masyarakat di wilayah tertentu disebut bidan komunitas (community midwife) (Syahlan, 1996 : 12). Di Indonesia istilah “bidan komunitas”  tidak lazim dipakai sebagai panggilan bagi bidan yang bekerja di luar Rumah Sakit. Secara umum di Indonesia seorang bidan yang bekerja di masyarakat termasuk bidan desa dikenal sebagai bidan komunitas.
Sampai ketika ini belum ada pendidikan khusus untuk menghasilkan tenaga bidan yang bekerja di komuniti. Pendidikan yang ada kini ini diarahkan untuk menghasilkan bidan yang bisa bekerja di desa.
Pendidikan tersebut yaitu jadwal pendidikan bidan A (PPB A), B (PPB B), C (PPB C) dan Diploma III Kebidanan. PPB-A,lama pendidikan 1 tahun, siswa berasal dari lulusan SPK (Sekolah Perawat Kesehatan). PPB-B,lama pendidikan 1 tahun, siswa berasal dari lulusan Akademi Perawat. PPB-C, usang pendidikan 3 tahun, siswa berasal dari lulusan SMP (Sekolah Menengah Pertama). Diploma III Kebidanan : usang pendidikan 3 tahun, berasal dari lulusan SMU, SPK maupun PPB-A  mulai tahun 1996. Kurikulum pendidikan bidan tersebut diatas disiapkan sedemikian rupa sehingga bidan yang dihasilkan bisa menunjukkan pelayanan kepada ibu dan anak balita di masyarakat terutama di desa. Disamping itu Departemen Kesehatan melatih para bidan yang telah dan akan bekerja untuk memperkenalkan kondisi dan problem kesehatan serta penanggulangannya di desa terutama berkaitan dengan kesehatan ibu dan anak balita. Mereka juga menerima kesempatan dalam aneka macam acara untuk menyebarkan kemampuan, ibarat pertemuan ilmiah baik dilakukan oleh pemerintah maupun oleh organisasi profesi ibarat IBI. Bidan yang bekerja di desa, puskesmas, puskesmas pembantu; dilihat dari tugasnya berfungsi sebagai bidan komunitas. (Syahlan, 1996 : 13)

3.      Fokus/ Sasaran Kebidanan Komunitas
Sasaran Utama
Menurut ( Syahlan, 1996 : 16 ) Komuniti yaitu target pelayanan kebidanan komunitas. Di dalam komuniti terdapat kumpulan individu yang membentuk keluarga atau kelompok masyarakat. Dan target utama pelayanan kebidanan komunitas yaitu ibu dan anak.
Menurut UU No. 23 tahun 1992 wacana kesehatan, yang dimaksud dengan keluarga yaitu suami, istri, anak dan anggota keluarga lainnya. ( Syahlan, 1996 : 16 )
Ibu         :   pra kehamilan, kehamilan, persalinan, nifas dan masa interval.
Anak      :   meningkatkan kesehatan anak dalam kandungan, bayi, balita, pra sekolah dan sekolah.
Keluarga :  pelayanan ibu dan anak termasuk kontrasepsi, pemeliharaan anak, pemeliharaan ibu setelah persalinan, perbaikan gizi, imunisasi dan kelompok usila (gangrep).
Masyarakat (community): remaja, calon ibu dan kelompok ibu.
Sasaran pelayanan kebidanan komunitas yaitu individu, keluarga dan masyarakat baik yang sehat, sakit maupun yang memiliki problem kesehatan secara umum (Meilani, Niken dkk, 2009 : 9).

4.      Tujuan Pelayanan Kebidanan Komunitas
Pelayanan kebidanan komunitas yaitu bab dari upaya kesehatan keluarga. Kesehatan keluarga merupakan salah satu acara dari upaya kesehatan di masyarakat yang ditujukan kepada keluarga. Penyelenggaraan kesehatan keluarga bertujuan untuk mewujudkan keluarga kecil, sehat, senang dan sejahtera. Kesehatan anak diselenggarakan untuk mewujudkan pertumbuhan dan perkembangan anak.
Jadi tujuan dari pelayanan kebidanan komunitas yaitu meningkatkan kesehatan ibu dan anak balita di dalam keluarga sehingga terwujud keluarga sehat sejahtera dalam komunitas tertentu.
5.      Bekerja di Komunitas
Pelayanan kebidanan komunitas dilakukan di luar rumah sakit dan merupakan bab atau kelanjutan dari pelayanan kebidanan yang di berikan rumah sakit. Misalnya : ibu yang melahirkan di rumah sakit dan setelah 3 hari kembali ke rumah. Pelayanan di rumah oleh bidan merupakan acara kebidanan komunitas.
Pelayanan kesehatan ibu dan anak di Puskesmas, kunjungan rumah dan melayani kesehatan ibu dan anak di lingkungan keluarga merupakan acara kebidanan komunitas.
Sebagai bidan yang bekerja di komunitas maka bidan harus memahami kiprahnya di komunitas, yaitu :
a.       Sebagai Pendidik
Dalam hal ini bidan berperan sebagai pendidik di masyarakat. Sebagai pendidik, bidan berupaya merubah sikap komunitas di wilayah kerjanya sesuai dengan kaidah kesehatan. Tindakan yang sanggup dilakukan oleh bidan di komunitas dalam berperan sebagai pendidik masyarakat antara lain dengan menunjukkan penyuluhan di bidang kesehatan khususnya kesehatan ibu, anak dan keluarga. Penyuluhan tersebut sanggup dilakukan dengan aneka macam cara ibarat ceramah, bimbingan, diskusi, demonstrasi dan sebagainya yang mana cara tersebut merupakan penyuluhan secara langsung. Sedangkan penyuluhan yang tidak eksklusif contohnya dengan poster, leaf let, spanduk dan sebagainya.
b.      Sebagai Pelaksana (Provider)
Sesuai dengan kiprah pokok bidan yaitu menunjukkan pelayanan kebidanan kepada komunitas. Disini bidan bertindak sebagai pelaksana pelayanan kebidanan. Sebagai pelaksana, bidan harus menguasai pengetahuan dan teknologi kebidanan serta melaksanakan acara sebagai berikut :
1)  Bimbingan terhadap kelompok cukup umur masa pra perkawinan.
2)  Pemeliharaan kesehatan ibu hamil, bersalin, nifas, menyusui dan masa interval dalam keluarga.
3) Pertolongan persalinan di rumah.
4) Tindakan pertolongan pertama pada kasus kebidanan dengan resiko tinggi di keluarga.
5) Pengobatan keluarga sesuai kewenangan.
6) Pemeliharaan kesehatan kelompok perempuan dengan gangguan reproduksi.
7) Pemeliharaan kesehatan anak balita.
c.       Sebagai Pengelola
Sesuai dengan kewenangannya bidan sanggup melaksanakan acara praktek mandiri. Bidan sanggup mengelola sendiri pelayanan yang dilakukannya. Peran bidan di sini yaitu sebagai pengelola acara kebidanan di unit puskesmas, polindes, posyandu dan praktek bidan. Sebagai pengelola bidan memimpin dan mendayagunakan bidan lain atau tenaga kesehatan yang pendidikannya lebih rendah.
Contoh : praktek mandiri/ BPS
d.      Sebagai Peneliti
Bidan perlu mengkaji perkembangan kesehatan pasien yang dilayaninya, perkembangan keluarga dan masyarakat. Secara sederhana bidan sanggup menunjukkan kesimpulan atau hipotersis dan hasil analisanya. Sehingga kalau kiprah ini dilakukan oleh bidan, maka ia sanggup mengetahui secara cepat wacana permasalahan komuniti yang dilayaninya dan sanggup pula dengan segera melaksanakan tindakan.
e.       Sebagai Pemberdaya
Bidan perlu melibatkan individu, keluarga dan masyarakat dalam memecahkan permasalahan yang terjadi.  Bidan perlu menggerakkan individu, keluarga dan masyarakat untuk ikut berperan serta dalam upaya pemeliharaan kesehatan diri sendiri, keluarga maupun masyarakat.

f.       Sebagai Pembela klien (advokat)
Peran bidan sebagai penasehat didefinisikan sebagai acara memberi isu dan sokongan kepada seseorang sehingga bisa menciptakan keputusan yang terbaik dan memungkinkan bagi dirinya.
g.      Sebagai Kolaborator
Kolaborasi dengan disiplin ilmu lain baik lintas jadwal maupun sektoral.
h.      Sebagai Perencana
Melakukan bentuk perencanaan pelayanan kebidanan individu dan keluarga serta berpartisipasi dalam perencanaan jadwal di masyarakat luas untuk suatu kebutuhan tertentu yang ada kaitannya dengan kesehatan. (Syafrudin dan Hamidah, 2009 : 8)
Dalam menunjukkan pelayanan kesehatan masyarakat bidan sewaktu – waktu bekerja dalam tim, contohnya acara Puskesmas Keliling, dimana salah satu anggotanya yaitu bidan.
6.      Jaringan Kerja
Beberapa jaringan kerja bidan di komunitas yaitu Puskesmas/ Puskesmas Pembantu, Polindes, Posyandu, BPS,  Rumah pasien, Dasa Wisma, PKK. (Syahlan, 1996 : 235)
Di puskesmas bidan sebagai anggota tim bidan diharapkan sanggup mengenali acara yang akan dilakukan, mengenali dan menguasai fungsi dan kiprah masing – masing,    selalu berkomunikasi dengan pimpinan dan anggota lainnya, memberi dan mendapatkan saran serta turut bertanggung jawab atas keseluruhan acara tim dan hasilnya.
Di Polindes, Posyandu, BPS dan rumah pasien, bidan merupakan pimpinan tim/ leader di mana bidan diharapkan bisa berperan sebagai pengelola sekaligus pelaksana acara kebidanan di komunitas
Dalam jaringan kerja bidan di komunitas diharapkan kerjasama lintas jadwal dan lintas sektor. Kerjasama lintas jadwal merupakan bentuk kerjasama yang dilaksanakan di dalam satu instansi terkait, contohnya : imunisasi, pemberian tablet FE, Vitamin A, PMT dan sebagainya. Sedangkan kerjasama lintas sektor merupakan kerjasama yang melibatkan institusi/ departemen lain, contohnya : Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS), Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), dan sebagainya.

Pelayanan kebidanan merupakan bab integral dari pelayanan kesehatan KONSEP DASAR KEBIDANAN KOMUNITAS




Resource : Catatan Kuliah

Sumber http://jurnalbidandiah.blogspot.com/
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Konsep Dasar Kebidanan Komunitas"

Posting Komentar