Manajemen Kebidanan Komunitas

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Konsep ialah kerangka ilham yang mengandung suatu pengertian tertentu. Kebidanan berasal dari kata “Bidan” yang artinya ialah seseorang yang telah mengikuti pendidikan tersebut dan lulus serta terdaftar atau menerima ijin melaksanakan praktek kebidanan. Sedangkan kebidanan sendiri meliputi pengetahuan yang dimiliki bidan dan acara pelayanan yang dilakukan untuk menyelamatkan ibu dan bayi yang dilahirkan (J.H. Syahlan, 1996).

Komunitas ialah kelompok orang yang berada di suatu lokasi tertentu. Sasaran kebidanan komunitas adalah ibu dan anak balita yang berada dalam keluarga dan masyarakat. Pelayanan kebidanan komunitas dilakukan diluar rumah sakit. Kebidanan komunitas sanggup juga merupakan potongan atau kelanjutan pelayanan kebidanan yang diberikan di rumah sakit. Pelayanan kesehatan ibu dan anak di lingkungan keluarga merupakan acara kebidanan komunitas.

Kelompok komunitas terkecil ialah keluarga individu yang dilayani ialah potongan dari keluarga atau komunitas. Oleh alasannya itu, bidan tidak memandang pasiennya dari sudut biologis. Akan tetapi juga sebagai unsur sosial yang mempunyai budaya tertentu dan dipengaruhi oleh kondisi ekonomi dan lingkungan disekelilingnya.
Dapat ditemukan disini bahwa unsur-unsur yang tercakup didalam kebidanan komunitas ialah bidan, pelayanan kebidanan, target pelayanan, lingkungan dan pengetahuan serta teknologi.

Asuhan kebidanan komunitas ialah merupakan potongan integral dari system pelayanan kesehatan, khususnya dalam pelayanan kesehatan ibu, anak dan Keluarga Berencana.

Manajemen Kebidanan Komunitas
Dalam memecahkan problem pasiennya, bidan memakai pendekatan manajemen kebidanan.

Manajemen kebidananan adalah metode yang dipakai oleh bidan dalam memilih dan mencari langkah-langkah pemecahan problem serta melaksanakan tindakan untuk menyelematkan pasiennya dari gangguan kesehatan.

Penerapan administrasi kebidanan melalui proses yang secara berurutan yaituidentifikasi masalahanalisis dan perumusan masalahrencana dan tindakan pelaksanaan serta penilaian hasil tindakan. Manajemen kebidanan juga dipakai oleh bidan dalam menangani kesehatan ibu, anak dan KB di komuniti, penerapan administrasi kebidanan komuniti (J.H. Syahlan, 1996).

1. Identifikasi masalah
Bidan yang berada di desa memperlihatkan pelayanan KIA dan KB di masyarakat melalui identifikasi, ini untuk mengatasi keadaan dan problem kesehatan di desanya terutama yang ditujukan pada kesehatan ibu dan anak.

2. Analisa dan perumusan masalah
Setelah data dikumpulkan dan dicatat maka dilakukan analisis. Hasil analisis tersebut dirumuskan sebagai syarat sanggup ditetapkan problem kesehatan ibu dan anak di komunitas.

Dari data yang dikumpulkan, dilakukan analisis yang sanggup ditemukan balasan perihal :

a. Hubungan antara penyakit atau status kesehatan dengan lingkungan keadaan sosial budaya atau perilaku, pelayanan kesehatan yang ada serta faktor-faktor keturunan yang kuat terhadap kesehatan. (H.L. Blum).
b. Masalah-masalah kesehatan, termasuk penyakit ibu, anak dan balita
c. Masalah-masalah utama ibu dan anak serta penyebabnya
d. Faktor-faktor pendukung dan penghambat

Rumusan problem sanggup ditentukan menurut hasil analisa yang meliputi problem utama dan penyebabnya serta problem potensial.

3. Diagnosa potensial
Diagnosa yang mungkin terjadi

4. Antisipasi penanganan segera
Penanganan segera problem yang timbul

5. Rencana (intervensi)
Rencana untuk pemecahan problem dibagi menjadi tujuan, planning pelaksanaan dan evaluasi.

6. Tindakan (implementasi)
Kegiatan yang dilakukan bidan di komunitas meliputi planning pelaksanaan yang sesuai dengan tujuan yang akan dicapai.

7. Evaluasi
Untuk mengetahui ketepatan atau kesempurnaan antara hasil yang dicapai dengan tujuan yang ditetapkan.
Kegiatan penilaian dilakukan:

a.    Untuk mengukur keberhasilan.
b.   Selam penilaian tenaga kesehatan mengumpul data dan menganalisanya apakah tejadi perubahan kondisi atau tidak
c.     Dilakukan besama-sama masyarakat








Untuk mengetahui lebih lengkap perihal konsep kebidanan komunitas sanggup Klik [DISINI]

Konsep ialah kerangka ilham yang mengandung suatu pengertian tertentu Manajemen Kebidanan Komunitas










Resource: Catatan Kuliah Bidan Diah

Sumber http://jurnalbidandiah.blogspot.com/
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Manajemen Kebidanan Komunitas"

Posting Komentar