Visi Indonesia Sehat 2010 Digantikan Visi Dan Misi Rencana Strategis Depkes Tahun 2010 – 2014

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280


gambaran masyarakat Indonesia dimasa depan yang ingin dicapai melalui pembangunan kesehata Visi Indonesia Sehat 2010 digantikan Visi dan Misi Rencana Strategis Depkes tahun 2010 – 2014

     Visi Indonesia Sehat 2010 Sebagai Landasan Berfikir
Visi Indonesia Sehat 2010 yang telah dirumuskan oleh DepKes (1999) menyatakan bahwa, gambaran masyarakat Indonesia dimasa depan yang ingin dicapai melalui pembangunan kesehatan ialah masyarakat, bangsa dan negara yang ditandai oleh penduduknya hidup dalam lingkungan dan sikap yang sehat, mempunyai kemampuan untuk menjangkau pelayanan kesehatan yang bermutu secara adil dan merata, serta mempunyai derajat kesehatan yang setinggi-tingginya diseluruh wilayah Republik Indonesia. Pengertian sehat mencakup kesehatan jasmani, rohani serta social dan bukan hanya keadaan bebas dari penyakit, cacat dan kelemahan. Masyarakat Indonesia yang dicita-citakan ialah masyarakat Indonesia yang mempunyai kesadaran, kemauan dan kemampuan untuk hidup sehat sehingga tercapai derajat kesehatan yang setinggi-tingginya, sebagai salah satu unsure dari pembangunan kesehatan sumber daya insan Indonesia seutuhnya.
Masalah kesehatan ialah merupakan dilema yang sangat kompleks, oleh alasannya ialah itu perlu diupayakan secara menyeluruh dan bahu-membahu dengan mayarakat untuk mengatasinya. Salah satu sasaran yang ditetapkan untuk tahun 2010 ialah menurunkan angka maut maternal menjadi 125 per 100.000 kelahiran hidup dan angka maut neonatal menjadi 16 per 1.000 kelahiran hidup. Dalam rangka untuk menurunkan angka kesakitan dan kematian, maka salah satu upaya untuk memecahkan dilema ialah dengan mewujudkan misi Indonesia Sehat 2010, yaitu:
1)      Menggerakkan pembangunan nasional berwawasan kesehatan.
2)      Mendorong kemandirian masyarakat untuk hidup sehat.
3)      Memelihara dan meningkatkan pelayanan kesehatan yang bermutu, merata dan terjangkau.
4)      Meningkatkan kesehatan individu, keluarga, dan masyarakat serta lingkungannya



Demikian, Visi dan Misi Indonesia 2010..
Yang menjadi pertanyaan adalah, apakah visi misi Indonesia 2010 yang menjadi landasan berpikir sudah terwujud ?
Jawabannya ialah belum, hal tersebut tak lepas dari banyak sekali faktor.

Namun, untuk tahun berikutnya pemeritah sudah memutuskan Progam terbaru di bidang kesehatan selain MDGs 2015.

gambaran masyarakat Indonesia dimasa depan yang ingin dicapai melalui pembangunan kesehata Visi Indonesia Sehat 2010 digantikan Visi dan Misi Rencana Strategis Depkes tahun 2010 – 2014
Dalam aktivitas 100 hari Kabinet Indonesia Bersatu periode kedua, Presiden RI memutuskan 45 aktivitas penting yang akan dijalankan di seluruh tanah air berkaitan dengan pembangunan sektoral dan regional. Dari 45 aktivitas ini telah dipilih 15 aktivitas unggulan, dimana kesehatan masuk dalam aktivitas ke 12. Landasan kerja pembangunan kesehatan pada Kabinet Indonesia Bersatu ke-2 ini, akan memperhatikan tiga “tagline” penting yaitu change and continuity; debottlenecking, acceleration, and enhancemen; serta unity, together we can
Sejak dilantik menjadi Menteri Kesehatan, dr. Endang R. Sedyaningsih, MPH, Dr. PH. telah memutuskan aktivitas jangka pendek 100 hari dan aktivitas jangka menengah tahun 2010 – 2014 yang disusun dalam sebuah rencana strategis Depkes.
Program 100 hari Menkes mengangkat 4 isu, yaitu (1) peningkatan pembiayaan kesehatan untuk menawarkan Jaminan Kesehatan Masyarakat, (2) peningkatan kesehatan masyarakat untuk mempercepat pencapaian sasaran MDGs, (3) pengendalian penyakit dan penanggulangan dilema kesehatan tanggapan bencana, serta (4) peningkatan ketersediaan, pemerataan dan kualitas tenaga kesehatan terutama di kawasan terpencil, tertinggal, perbatasan dan kepulauan (DTPK)
Untuk meningkatkan kinerja Departemen Kesehatan, telah ditetapkan Visi dan MisiRencana Strategis Depkes tahun 2010 – 2014.
Visi Rencana Strategis yang ingin dicapai Depkes ialah “Masyarakat Yang Mandiri dan Berkeadilan“. Visi ini dituangkan menjadi 4 misi yaitu (1) Meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui pemberdayaan masyarakat, termasuk swasta dan masyarakat madani, (2) Melindungi kesehatan masyarakat dengan menjamin tersedianya upaya kesehatan yang paripurna, merata, bermutu dan berkeadilan, (3) menjamin ketersediaan dan pemerataan sumberdaya kesehatan, serta (4) Menciptakan tata kelola keperintahan yang baik.

Visi dan Misi ini akan diwujudkan melalui 6 Rencana Strategi Tahun 2010 – 2014, yaitu :

1. Meningkatkan pemberdayaan masyarakat, swasta dan masyarakat madani dalam pembangunan kesehatan melalui kerjasama nasional dan global
2. Meningkatkan pelayanan kesehatan yang merata, bermutu dan berkeadilan, serta berbasis bukti,: dengan penitikberatan pada upaya promotif dan preventif
3. MEningkatkan pembiayaan pembangunan kesehatan, terutama untuk mewujudkan jaminan social kesehatan nasional
4. Meningkatkan pengembangan dan pendayagunaan SDM kesehatan yang merata dan bermutu
5. Meningkatkan ketersediaan, pemerataan, dan keterjangkauan obat dan alat kesehatan serta menjamin keamanan, khasiat, kemanfaatan, dan mutu sediaan farmasi, alat kesehatan dan makanan
6. Meningkatkan administrasi kesehatan yang akuntabel, transparan, berdayaguna dan berhasilguna untuk memantapkan desentralisasi kesehatan yang bertanggung jawab.

Hal yang paling fundamental dalam tercapainya hal tersebut ialah kesadaran akan kesehatan dari diri sendiri. Bagaimana bisa terwujud bila calon provider kesehatan ibarat mahasiswa FK, Kebidanan atau Keperawatan masih banyak yang kurang sadar. Seperti kebiasaan merokok khususnya pria padahal mereka sendiri sudah mempelajari di bidan kesehatan dan pastinya tahu ancaman rokok lebih banyak daripada keuntungannya. Itu hanya segelintir hal kecil, alasannya ialah itu maka demi terciptanya tujuan banyak sekali progam kesehatan maka diharapkan kerjasama di banyak sekali pihak dan lintas sektor.




Berita ini disiarkan oleh Pusat Komunikasi Publik, Sekretariat Jenderal Departemen Kesehatan. Untuk informasi lebih lanjut sanggup menghubungi melalui nomor telepon: 021-52907416-9, faks: 52921669, Call Center: 021-30413700, atau alamat e-mail puskom.publik@yahoo.co.id, info@puskom.depkes.go.id, kontak@puskom.depkes.go.id.





Sumber http://jurnalbidandiah.blogspot.com/
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Visi Indonesia Sehat 2010 Digantikan Visi Dan Misi Rencana Strategis Depkes Tahun 2010 – 2014"

Posting Komentar