Metode Pembelajaran Kombinasi Role Play-Video-Presentation Untuk Efisiensi Waktu

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Assalamualaikum

Sudah usang tidak memposting artikel diskusi santai, menulis tanpa memikirkan bahasa yang sesuai EYD ataupun kata2 formal, alasannya yakni padatnya kegiatan antara kerja dan kuliah S2 yang sudah memasuki semester 3 dan sudah harus memikirkan tesis. Antara kerja dan kuliah berstatus "LDR" dimana setiap minggunya harus menempuh antara Semarang-Banjarnegara.Sehingga mood untuk menciptakan postingan2 gres juga terkadang kalah oleh capeknya. (read: alasan)
Alhamdulillah, punya sedikit waktu luang, maka di kesempatan ini saya ingin sharing kepada sahabat pengajar lainnya (khususnya yang selalu semangat berdiskusi via email) mengenai metode pembelajaran yang efektif.

Saya contohkan mata kuliah Askeb Komunitas yang kebetulan saya ampu kini ini dengan team teaching yang beranggotakan 2 dosen. Di dalam Askeb komunitas sendiri diperlukan mahasiswa sanggup terjun pribadi ke lahan sebagai penerapan dari apa yang sudah didapatkan di perkuliahan. Hal tersebut diaplikasikan dalam kegiatan PKMD.
Namun, pada kontrak perkuliahan misalnya pada bahan "Manajerial Asuhan Kebidanan Di Komunitas", disana kita sebagai pendidik berharap mereka memahami secara pribadi bagaimana bentuk asuhan kebidanan di komunitas yang mencakup intranatal, postpartum, BBL, lansia dan KB. Dan kita juga sanggup mengevaluasi sejauh apa pemahaman mereka wacana asuhan yang diberikan pada masyarakat dari apa saja yang akan mereka lakukan pada komunitas. 

Namun, padatnya kegiatan yang telah disusun di kurikulum seringkali menciptakan kasus2 menyerupai ini terlewatkan saja. 
Saat menjadi mahasiswa d3 dulu juga saya mencicipi sendiri bagaimana dosen hanya menjelaskan asuhan komunitas ini dari apa yang dituangkan dalam power point tanpa memberi sebuah kesan. Walaupun hal ini sedikit terbayar pada waktu PKMD selama sebulan di desa, karna kebetulan dikala itu saya dipercaya menjadi salah satu tim inti, sanggup mencicipi usaha tidur larut dan bagaimana rumitnya rekap data desa, analisa data, interpretasi data, pemaparan, pemecahan duduk kasus sampai evaluasi 

Kaprikornus intinya, 
Apabila kita ingin biar mahasiswa terjun dan mengaplikasikan secara pribadi asuhan kebidanan di komunitas namun di dikala bersamaan terhalang oleh waktu, maka saya berpikir tidak ada salahnya menggunakan cara yang saya sebut Role play-Video-Presentation. Dengan langkah2 sbb :


  1. Bentuk beberapa kelompok (co : kel 1). asuhan antenatal  2). asuhan intranatal 3). asuhan BBL/Neonatus 4). Asuhan lansia/ KB di komunitas)
  2. Masing2 kelompok melaksanakan demonstrasi/role play memerankan tugas masing2, dan seperti menawarkan asuhan kepada masyarakat (Boleh ke masyarakat orisinil ataupun bermain peran, menyerupai bidan, ibu hamil dll)
  3. Dokumentasikan kegiatan kelompok dalam bentuk video
  4. Presentasikan dan diskusikan hasil pelaksanaan pinjaman asuhan kebidanan di komunitas
  5. Lakukan evaluasi

 Sudah usang tidak memposting artikel diskusi santai Metode Pembelajaran Kombinasi ROLE PLAY-VIDEO-PRESENTATION untuk efisiensi waktu


Setelah diterapkannya metode ini saya melihat bahwa antusiasme mahasiswa cukup bagus, dalam pemaparan hasil kelompok, mereka menampilkan pembuatan film yang manis dan memuaskan.
Jadi, saya harap bagi teman2 pengajar lainnya, silahkan menggunakan metode ini pada mata kuliah yang diperlukan adanya praktek pribadi namun terkendala waktu.

Hal2 yang perlu diperhatikan dalam metode ini

  1. Karena berkaitan dengan masyarakat luar, peminjaman alat dan perizinan, diperlukan dari institusi juga mempermudah mahasiwa apabila meminta surat pengantar dll
  2. Karena tingkat kesulitan yang cukup tinggi maka diperlukan bantuan nilai praktek cukup tinggi dalam perhitungan nilai akhir
  3. Karena pengajar tidak ikut secara pribadi mendampingi, beberapa nilai2 penting akan terlewat

Banyak hal faktual yang didapat dari metode ini selain sebagai variasi model pembelajaran dan mengurangi tingkat kejenuhan juga sanggup mempererat komunikasi, sumber hiburan karna seringkali apa yang mereka tampilkan mengundang gelak tawa, melatih toleransi antar mahasiswa dalam kelompok dan bagaimana mereka bersosialisasi terhadap masyarakat yang merupakan lahan mereka dikala terjun ke dunia pelayanan nantinya.

Demikian salah satu metode yang sanggup diterapkan, tidak hanya di askeb komunitas namun juga mata kuliah lainnya. Semoga bermanfaat..
Wassalamualaikum







Sumber http://jurnalbidandiah.blogspot.com/
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Metode Pembelajaran Kombinasi Role Play-Video-Presentation Untuk Efisiensi Waktu"

Posting Komentar