Kontroversi Penggunaan Tisu Muka Dan Tisu Toilet Dapat Picu Kanker Ovarium/ Indung Telur ?

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280

atau pesan berantai tersebut beredar luas melalui banyak sekali media pesan singkat termasuk Kontroversi Penggunaan Tisu Muka Dan Tisu Toilet Bisa Picu Kanker Ovarium/  Indung Telur ?
Broadcast message atau pesan berantai tersebut beredar luas melalui banyak sekali media pesan singkat termasuk Blackberry Messenger (BBM). Pesan yang tidak terang asal-usulnya itu menciptakan galau sebagian orang yang sering memanfaatkan tisu wajah untuk cebok.

Seusai buang air kecil, para perempuan biasanya memakai kertas tisu untuk membersihkan atau mengeringkan organ genitalnya. Celakanya, penggunaan jenis tisu tertentu menyerupai tisu wajah dikatakan sanggup memicu kanker ovarium. Benarkah?

Imbauan soal risiko kanker ovarium atau indung telur akhir memakai tisu wajah untuk cebok belakangan ini banyak beredar melaluibroadcast message. Dikatakan bahwa tisu wajah mengandung talcum (bedak talk), yakni materi perhiasan yang sanggup menimbulkan kanker.

Dikatakan pula dalam pesan tersebut bahwa selain mengandung talcum, tisu wajah yang dijual dalam bentuk lembaran dibungkus plastik juga mempunyai kandungan materi perhiasan lain yang tidak ada di tisu toilet. Di antaranya adalah Surface Active Agent (SAA), Wet Strength Agent dan Softening Agent.

Berikut isi broadcastnya


Penting untuk para wanita:
"Perbedaan Antara Tissue Toilet (gulungan) Dgn Tissue Muka (lembaran, di-bungkus plastik)"
Mungkin anda tdk tahu kalau tisu muka mengandung tepung talcum yg dpt menimbulkan kanker ovarium (indung telur).
Jadi ini bukan perbedaan obyek penggunaan kertas tisu toilet dengan kertas tisu muka (di wajah) saja.

Kertas tisu muka disebut kertas tisu muka lantaran memang hanya untuk pemakaian di wajah. Sedangkan kertas tisu toilet (gulungan) disebut kertas tisu toilet lantaran memang dibentuk untuk kebutuhan buang air.

Keduanya dibentuk dari materi bubur kertas dan melalui proses desinfeksi, bila pada kertas tisu toilet tidak ada ditambahkan materi lain, sedangkan pada kertas tisu muka ada ditambahkan Wet Strength Agent (bahan tahan basah), ini menciptakan kertas tisu muka tidak gampang hancur dalam air, jadi tidak cocok untuk dibuang ke dalam daerah buang air besar, juga ada ditambahkan dengan Softening Agent (bahan pelembut) dan Surface Active Agent (bahan pengaktif permukaan), serta bubuk kertasnya tbanyak, umumnya orang menganggap kalau mutu kertas tisu muka yaitu lebih baik dikarenakan telah ditambahkan bahan-bahan tersebut dalam proses pembuatannya, dikarenakan biaya produksinya tinggi sudah tentu harga jual juga lebih mahal, namun kertas tisu muka Tidak Boleh dipergunakan sebagai kertas tisu toilet, terutama kaum perempuan jangan sesekali mempergunakannya untuk membersihkan atau mengeringkan pecahan "bawah" tubuh.

Itulah perbedaan Antara Tissue Toilet (gulungan) Dengan Tissue Muka (lembaran, di-bgkus plastik). Dengan semangat kepedulian, sebarkan ke teman2 ya...tks. Mulai kini bawalah tisu gulung ke mana2...karton di dalamnya sanggup di lepas shg jadi lbh ringkes dan tdk terlalu penuh di tas kita... Atau bawa secukupnya saja.


Dikutip dari detikhealth.com

"Sebenarnya itu (hubungan talcum dan kanker) hipotesis lama, tetapi tidak pernah ada buktinya. Jadi nggak usah khawatir," kata Dr Sigit Purbadi, SpOG(K)Onk, dokter kandungan dan juga konsultan onkologi dari RS Cipto Mangunkusumo ketika

Dijelaskan oleh Dr Sigit, menurut penyebabnya kanker ovarium ada 2 jenis dan tidak ada satupun yang terbukti bekerjasama dengan talcum. Jenis yang pertama yaitu kanker ovarium yang tidak diketahui sebabnya, sedangkan jenis kedua bekerjasama dengan Hereditary Breast-Ovarian Cancer Syndromes(HBOC).

Risiko tinggi untuk terkena kanker ovarium jenis kedua atau HBOC-Syndromes dimiliki oleh perempuan yang dalam keluarganya ada riwayat kanker payudara, usus atau indung telur itu sendiri. Namun ditegaskan lagi, risiko tersebut tidak bekerjasama dengan penggunaan tisu untuk cebok.

"Nggak ada hubungannya, orang itu organnya (indung telur) ada di dalam kok," tambah Dr Sigit.


So, tergantung dari diri kita sendiri menyikapinya. Terlepas dari hipotesa yang menyampaikan talcum sanggup memicu kanker sudah sanggup dibyktikan atau belum. Bukannya sesuatu yang digunakan tidak pada tempatnya selalu tidak baik.

Jadi, kalau tisu wajah ya digunakan di wajah sedangkan tisu toilet untuk tisu toilet.
Dan yang terang yaitu baiknya kita menyiapkan tisu secukupnya di tas ketika keluar rumah untuk persiapan ketika kita buang air kecil di toilet umum dan tidak ada tisu toliet.
Memastikan organ genital kita kering sehabis cebok akan mengurangi resiko berkembangnya basil jahat yang suka dengan tempat-tempat yang lembab.


Sumber http://jurnalbidandiah.blogspot.com/
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Kontroversi Penggunaan Tisu Muka Dan Tisu Toilet Dapat Picu Kanker Ovarium/ Indung Telur ?"

Posting Komentar