Cara Alami Mencegah Kanker Payudara

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Cara menurunkan resiko kanker payudara ...

Biar bagaimanapun tindakan preventif lebih baik daripada sudah masuk ke situasi yang mengharuskan tindakan rehabilitasi.

Kanker ketika ini menjadi momok yang menyeramkan lantaran setiap tahunnya kasus terjadinya kanker semakin meningkat. Menurut WHO kanker menjadi penyebab maut prempuan nomer 2 di dunia setelah penyakit jantung. Salah satu jenis kanker yang berbahaya bagi perempuan ialah kanker payudara. Namun bekerjsama ada beberapa kebiasaan hidup yang perlu kita perhatikan sebagai cara pencegahan. Karena beberapa hal ini bekerjsama sepele dan kadang tidak kita sangka bahwa sanggup berdampak serius. Selain prempuan, laki-laki pun juga disarankan mengetahui hal ini.

Adapun tips nya..

1. Hindari menggunakan bra dengan busa tebal

Busa terbuat dari daur ulang dimana busa bra tidak beda dengan busa pencuci piring.

Pernahkan anda berpikir kenapa busa bra tidak praktis rusak?
Biar bagaimanapun tindakan preventif lebih baik daripada sudah masuk ke situasi yang mengh Cara Alami Mencegah Kanker Payudara

Karena proses pembuatan busa tersebut melalui proses kimia yang sangat banyak maka busa bra tsb akan mengandung banyak materi kimia. Dan, bayangkan busa tsb melekat pada payudara kita selama 24 jam.

Padahal payudara sendiri ialah organ hidup dan bernafas. Pada ketika cuaca panas pori-pori akan terbuka dan payudara sanggup menyerap zat kimia dari busa. Inilah yang mengakibatkan resiko berkembangnya kanker.


2. Hindari menggunakan bra dengan kawat

Pemakaian bra dengan kawat seringkali mengakibatkan bekas kawat di samping dada.
Hal tsb mengambarkan adanya penekanan, yang sanggup mengakibatkan jalan masuk limfe kita tertekan dan tersumbat.


3. Ketika melepas bra, pijatlah payudara disertai menarik nafas panjang. 

Hal itu sanggup memperlancar pedoman getah bening dan mencegah berkembangnya kanker pada payudara.


4. Saat tidur melepas bra atau minimal melepaskan kait bra.
Saat tidur ialah waktu yang sempurna untuk mengistirahatkan payudara dan memberi ruang untuk bernafas. Serta sanggup memperlancar pedoman darah.


5. Menjaga teladan makan

Kurangi lemak
Penelitian terakhir mengenaii kekerabatan lemak dengan kanker menyatakan bahwa yang lebih penting ialah jenis lemaknya bukan jumlah lemak yang dikonsumsi.

Jenis lemak yang memicu kanker payudara ialah lemak jenuh dalam daging, mentega, kuliner yang mengandung susu full-cream (whole-milk dairy foods) dan asam lemak dalam margarin.
Lemak jenuh dalam daging dan produk susu dan asam lemak dalam margarin meningkatkan kadar estrogen dalam darah, sedangkan lemak tak-jenuh dalam minyak zaitun dan asam lemak omega-3 dalam ikan tidak mengakibatkan kenaikan kadar estrogen dalam darah.


Sedangkan jenis lemak yang membantu mencegah kanker payudara ialah lemak tak-jenuh dalam minyak zaitun dan asam lemak omega-3 dalam ikan salmon dan ikan air hambar lainnya.


Jangan memasak daging terlalu matang
Cara memasak daging akan mempengaruhi resiko kanker payudara. 

Daging-daging yang dimasak/dipanggang menghasilkan senyawa karsinogenik (amino heterosiklik). Semakin usang dimasak, semakin banyak senyawa ini terbentuk. Amino heterosiklik paling banyak terdapat dalam daging bakar yang lapisan luarnya (kulitnya) gosong dan hitam.


Makan lebih banyak buah dan sayuran
Semakin banyak buah dan sayuran yang dimakan, semakin berkurang resiko untuk semua kanker, termasuk kanker payudara.

Makanan dari tumbuh-tumbuhan mengandung anti-oksidan yang tinggi, diantaranya vitamin A, C, E dan mineral selenium, yang sanggup mencegah kerusakan sel yang sanggup menjadi penyebab terjadinya kanker. National Cancer Institute (NCI) merekomendasikan untuk mengkonsumsi buah dan sayuran paling tidak 5 (lima) kali dalam sehari. Tapi harus dihindari buah dan sayuran yang mengandung banyak lemak, menyerupai kentang goreng atau pai dengan krim pisang.



Makan lebih banyak serat
Selain berfungsi sebagai anti-oksidan, buah dan sayuran juga mengandung banyak serat. Makanan berserat akan mengikat estrogen dalam jalan masuk pencernaan, sehingga kadarnya dalam darah akan berkurang.


Makan kuliner yang berasal dari kedelai
Makanan-makanan yang berasal dari kedelai banyak mengandung estrogen flora (fito-estrogen). Seperti halnya tamoksifen, senyawa ini menyerupai dengan estrogen tubuh, tapi lebih lemah. Fito-estrogen terikat pada reseptor sel yang sama dengan estrogen tubuh, mengikatnya keluar dari sel payudara sehingga mengurangi imbas pemicu kanker payudara.

Selain menghalangi estrogen tubuh untuk mencapai sel reseptor, kuliner berkedelai juga mempercepat pengeluaran estrogen dari tubuh.

Makan lebih banyak kacang-kacangan
Selain dalam kedelai, fito-estrogen juga terdapat dalam jenis kacang-kacangan lainnya.




6. Berolah raga secara teratur

Penelitian memperlihatkan bahwa sejalan dengan menigkatnya aktivitas, maka resiko kanker payudara akan berkurang. Berolah raga akan menurukan kadar estrogen yang diproduksi tubuh sehingga mengurangi resiko kanker payudara.



7. Hindari alkohol

Banyak penelitian yang memperlihatkan bahwa semakin banyak mengkonsumsi alkohol, maka resiko kanker payudara semakin bertambah lantaran alkohol meningkatkan kadar estrogen dalam darah.


8. Selalu kontrol berat badan


Kenaikan berat tubuh setiap pon setelah usia 18 tahun akan menambah resiko kanker payudara. Ini disebabkan lantaran sejalan dengan bertambahnya lemak tubuh, maka kadar estrogen sebagai hormon pemicu kanker payudara dalam darahpun akan meningkat.


9. Hindari xeno-estrogens


Xeno-estrogen maksudnya estrogen yang berasal dari luar tubuh.

Perempuan mengkonsumsi estrogen dari luar tubuh terutama yang berasal dari residu hormon estrogenik yang terdapat dalam daging dan residu pesitisida estrogenik. Diduga xeno-estrogen sanggup meningkatkan kadar estrogen darah sehingga menambah resiko kanker payudara.

Cara terbaik untuk menghindari xeno-estrogen ialah dengan mengurangi konsumsi daging, unggas (ayam-itik) dan produk susu (whole-milk dairy product).

Tetapi anda tidak perlu khawatir dengan banyak makan buah dan sayuran, lantaran imbas anti-oksidan dan kandungan seratnya lebih banyak daripada imbas residu pestisidanya.


10. Berjemur dibawah sinar matahari


Meningkatnya angka kejadian kanker kulit (Melanoma maligna) menjadikan kita takut akan sinar matahari. Tetapi sedikit sinar matahari sanggup membantu mencegah kanker payudara, lantaran pada ketika matahari mengenai kulit, tubuh menciptakan vitamin D. Vitamin D akan membantu jaringan payudara menyerap kalsium sehingga mengurangi resiko kanker payudara. Agar sanggup memperoleh sinar matahari selama 20 menit/hari, dianjurkan untuk berjalan dibawah sinar matahari pada siang hari atau sore hari. Tetapi jikalau anda ingin mendapat kalsium atau vitamin D tidak dari sinar matahari, anda sanggup mencoba mengkonsumsi kuliner suplemen.


11. Jangan merokok.

Merokok akan meningkatkan resiko kanker payudara.


12. Menyusui/memberikan ASI kepada anak anda


Untuk alasan yang masih belum jelas, menyusui bekerjasama dengan berkurangnya resiko kanker payudara sebelum masa menopause.


13. Pertimbangkan kembali sebelum menggunakan terapi pengganti hormon (Hormone Replacement Therapy = HRT).


Ada beberapa alasan manis untuk melaksanakan HRT sehabis masa menopause, yaitu mengurangi resiko penyakit jantung, osteoporosis dan penyakit Alzheimer. Tetapi HRT akan menambah resiko kanker payudara. Bicarakan dengan dokter anda dan pertimbangkan resiko-resiko yang mungkin timbul, lantaran kebanyakan perempuan lebih tinggi resikonya untuk menderita penyakit jantung, daripada kanker payudara.


14. Hindari stress


Literatur medis menyebutkan bahwa stress sanggup menigkatkan resiko kanker payudara. Belum terperinci hasil penelitian ini namun, stress memang sanggup memicu banyak sekali macam penyakit. Ada banyak cara untuk menciptakan hati tenang dan terhindar dari stress.

Hal tersebut sanggup kita sanggup dengan cara mendekatkan diri dengan Tuhan, menambah nilai spiritual. Ataupun dengan cara menyerupai piknik, wisata kuliner, Yoga dll


15. Parfum


Hindari pemakaian parfum dengan menyemprotkannya pribadi ke dada.


Memang ada beberapa yang sanggup disebut mitos dan belum dibuktikan secara ilmiah menyerupai pemakaian bra, menyemprotkan parfum pribadi ke kulit namun baiknya kita menentukan yang terbijak bagi kita.
Jadi, mari kita peduli terhadap kesehatan diri sendiri dan orang-orang di sekitar kita yang kita sayangi.





Sumber http://jurnalbidandiah.blogspot.com/
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Cara Alami Mencegah Kanker Payudara"

Posting Komentar