Persiapan Dan Pelaksanaan Imd (Inisiasi Menyusui Dini)

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280

Persiapan melaksanakan Inisiasi Menyusu Dini

a.       Pertemuan pimpinan rumah sakit, dokter kebidanan, dokter anak, dokter anastesi, bidan, tenaga kesehatan yang bertugas di kamar bersalin, kamar operasi, kamar perawatan ibu melahirkan untuk mensosialisasikan Rumah Sakit Sayang Bayi yang direvisi 2006.
b.      Melatih tenaga kesehatan terkait yang sanggup menolong, mendukung ibu menyusui, termasuk menolong inisiasi menyusu dini yang benar.
c.       Setidaknya antenatal (ibu hamil), dua kali pertemuan tenaga kesehatan bersama orang tua, membahas laba ASI dan menyusui, tatalaksana menyusu dini termasuk inisiasi dini pada kelahiran dengan obat-obatan atau tindakan.
1)      Pertemuan bahu-membahu beberapa keluarga membicarakan secara umum.
2)      Pertemuan dengan satu keluarga membicarakan secara khusus.
d.      Di Rumah Sakit Ibu Sayang Bayi, inisiasi menyusu dini termasuk langkah ke-4 dari 10 langkah keberhasilan menyusui.

Tatalaksana Inisiasi Menyusu Dini secara umum

a.       Dianjurkan suami atau keluarga mendampingi ibu ketika persalinan.
b.      Disarankan untuk tidak mengurangi penggunaan obat kimiawi ketika persalinan. Dapat diganti dengan cara non-kimiawi contohnya pijat, aromaterapi, gerakan atau hypnobirthing.
c.       Biarkan ibu memilih cara melahirkan yang diinginkan, contohnya melahirkan normal, di dalam air atau dengan jongkok.
d.      Seluruh tubuh dan kepala bayi dikeringkan secepatnya, kecuali kedua tangannya. Lemak putih (vernix) yang menyamankan kulit bayi sebaiknya dibiarkan.
e.       Bayi ditengkurapkan di dada atau perut ibu. Biarkan kulit bayi menempel dengan kulit ibu. Posisi kontak kulit dengan kulit ini dipertahankan minimum satu jam atau sehabis menyusu awal selesai. Keduanya diselimuti, kalau perlu gunakan topi bayi.
f.       Bayi dibiarkan mencari puting susu ibu. Ibu sanggup merangsang bayi dengan sentuhan lembut, tetapi tidak memaksakan bayi ke puting susu.
g.      Ayah didukung semoga membantu ibu untuk mengenali gejala atau sikap bayi sebelum menyusu. Hal ini sanggup berlangsung beberapa menit atau satu jam, bahkan lebih. Dukungan ayah akan meningkatkan rasa percaya diri ibu. Biarkan bayi dalam posisi kulit bersentuhan dengan kulit ibunya setidaknya selama satu jam, walaupun ia telah berhasil menyusu pertama sebelum satu jam. Jika belum menemukan puting payudara ibunya dalam waktu satu jam, biarkan kulit bayi tetap bersentuhan dengan kulit ibunya hingga berhasil menyusu pertama.
h.      Dianjurkan untuk menunjukkan kesempatan kontak kulit dengan kulit pada ibu yang melahirkan dengan tindakan menyerupai operasi Caesar.
i.        Bayi dipisahkan dari ibu untuk ditimbang, diukur, dan dicap sehabis satu jam atau menyusu awal selesai. Prosedur yang invasif, contohnya suntikan vitamin K dan tetesan mata bayi sanggup ditunda.
j.        Rawat gabung adalah ibu dan bayi dirawat dalam satu kamar. Selama 24 jam ibu dan bayi tetap tidak dipisahkan dan bayi selalu dalam jangkauan ibu. Pemberian minuman pre-laktal (cairan yang diberikan sebelum ASI keluar) dihindarkan.

Persiapan melaksanakan Inisiasi Menyusu Dini Persiapan dan Pelaksanaan IMD (Inisiasi Menyusui Dini)








Baca Mengenai INISIASI MENYUSUI DINI (IMD) Selengkapnya [DISINI]


Sumber http://jurnalbidandiah.blogspot.com/
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Persiapan Dan Pelaksanaan Imd (Inisiasi Menyusui Dini)"

Posting Komentar