10 Manfaat Menarik Nafas Dalam-Dalam

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280



 kemudian hembuskan melalui ekspresi secara perlahan 10 MANFAAT MENARIK NAFAS DALAM-DALAM

“Tarik nafas dalam-dalam melalui hidung, kemudian hembuskan melalui ekspresi secara perlahan-lahan.”

Pernahkah anda diinstruksikan oleh orang lain untuk melaksanakan hal tersebut ?? terutama ketika Anda dalam keadaan marah, panik ataupun cemas.
Menarik napas dalam-dalam yaitu hal penting bagi kesehatan fisik maupun emosi. Tetapi, alasannya yaitu bernapas cenderung dianggap sebuah refleks menyebabkan acara menghirup napas secara dalam sering dilupakan.

Coba sesekali Anda memperhatikan untuk menarik napas dalam-dalam sampai Anda merasa ada udara melewati hidung melalui perut sampai keluar lewat mulut.
Para jago mengatakan, menarik nafas dalam-dalam pada saat-saat tertentu sanggup memperlihatkan manfaat kesehatan lainnya. Berikut yaitu manfaat-manfaat lain dari bernapas dalam-dalam :


1.      Meredakan stres
Aktivitas sehari-hari dan hubungan kita dengan sesama terkadang sanggup meningkatkan kadar stres. Hal ini menyebabkan pernapasan menjadi lebih cepat dan tekanan darah pun meningkat. Padahal, kedua kondisi ini sanggup berakibat jelek bagi kesehatan. Menarik napas secara dalam sanggup merupakan salah satu hal yang terbaik untuk meringankan rasa stres, sehingga pikiran kembali fokus dan jernih. Ketika menarik napas dengan dalam, Anda mengirimkan sinyal kepada otak untuk hening dan rileks. Kemudian otak meneruskan sinyal tersebut ke tubuh, sehingga Anda merasa rileks kembali.


2.      Mengurangi rasa cemas

Rasa cemas sanggup berbahaya bagi kesehatan dan menyebabkan beberapa problem kesehatan dan penyakit. Latihan napas mendalam sanggup membantu membersihkan setiap 'sumbatan' dalam pikiran, sehingga membantu Anda kembali fokus. Dengan begitu Anda sanggup mengurangi ataupun menghilangkan rasa cemas Anda.


3.      Memperbaiki sirkulasi darah

Menarik nafas dalam-dalam secara teratur  sanggup meningkatkan dan memperbiki pengiriman oksigen ke seluruh organ tubuh. Cobalah menarik napas dalam melalui perut Anda untuk meningkatkan  suplai oksigen  ke organ-organ badan dan membantu seluruh perkembangan dari sistem tubuh.


4.      Membantu Detoksifikasi

Menarik napas dalam secara rutin kita sanggup melaksanakan detoksifikasi organ tubuh. Karena ketika kita menarik napas dengan dalam, sanggup membantu mengeluarkan racun dalam badan sehingga membersihkan sistem badan Anda.


5.      Menurunkan tensi darah 

Menurut penelitian yang diterbitkan jurnal The Lancet, pasien jantung yang mengambil napas pendek sebanyak 12-14 hembusan per menit (enam hembusan napas permenit sudah dianggap optimal) lebih cenderung mempunyai kadar oksigen rendah, yang sanggup merusakan otot rangka dan fungsi metabolisme, sehingga menyebabkan atrofi otot (penurunan massa otot). Rutin menarik napas dengan dalam telah terbukti menurunkan tekanan darah.


6.      Membantu mengurangi rasa sakit

Dengan menarik napas dalam-dalam, badan akan mengeluarkan hormon endorfin.  Ini adalag homogen zat yang memperlihatkan rasa nyaman dan  juga merupakan  pereda rasa sakit alami.  Hormon ini juga sanggup menciptakan otot-otot menjadi lebih rileks. Otot yang tegang meruoakan penyebab utama nyeri pada leher, punggung dan lambung. Sejumlah penelitian memperlihatkan bahwa menarik napas dalam-dalam  memperlihatkan manfaat bagi penderita asma.


7.      Membantu memperbaiki kesehatan fisik dan mental

Bernapas dalam-dalam sanggup meningkatkan kadar oksigen dalam darah, meningkatkan kesehatan dalam banyak sekali cara—memperlambat detak jantung Anda, memperbaiki sirkulasi, menurunkan tekanan darah, dan membantu pencernaan, sehingga pada risikonya membantu meningkatkan kinerja mental dan energi.


8.      Relaksasi Perut

Penelitian telah memperlihatkan dengan menarik napas dengan dalam sanggup merelaksasi perut dan membantu perut Anda untuk bergerak dengan tepat. Jadi, jikalau Anda sedang mengalami pergejolakan di dalam perut cobalah untuk menarik napas dengan dalam, terutama ketika Anda sedang berada di toilet.


9.      Mengurangi Rasa Gugup

Gugup merupakan perasaan yang umum dialami oleh setiap orang. Terkadang rasa gugup sanggup menciptakan seseorang sulit untuk berbicara, ketika hal tersebut terjadi, bernapas dalam-dalam sanggup dilakukan untuk mengatasinya. Cobalah untuk menutup mata sambil menarik napas dengan dalam selama satu atau dua menit.


10.  Mencegah makan berlebihan

Stres yaitu salah satu pemicu utama nafsu makan. Agar tidak makan hiperbola ketika stres, Anda sanggup mengatasinya dengan latihan pernapasan. Ketika nafsu makan muncul ketika stres, ambil napas secara perlahan dan singkirkan masakan dari pikiran dan fokuslah untuk relaksasi.

Source :  kompas

Sumber http://jurnalbidandiah.blogspot.com/
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "10 Manfaat Menarik Nafas Dalam-Dalam"

Posting Komentar