Bersatulah Jangan Berselisih

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280


BERSATULAH JANGAN BERSELISIH

Yan Karta Sakamira
2 Januari 2018

Tuhan menggambarkan bahwa sebetulnya umat Islam ialah ummatan wahidah (umat yang satu), sebagaiman termaktub dalam ayat-Nya:

إِنَّ هَٰذِهِ أُمَّتُكُمْ أُمَّةً وَاحِدَةً وَأَنَا رَبُّكُمْ فَاعْبُدُونِ

“Sesungguhnya ini ialah umat kalian;  ummatan wahidah (umat yang satu); dan Aku ialah Rabb-mu. Maka sembahlah Aku”. (Surat al-Anbiya’: 92)

Karena itu setiap muslim harus berusaha mempertahankan persatuan, sampai tercipta satu kekuatan yang kokoh. Rusulullah telah mengingatkan kita semoga jangan berselisih, alasannya ialah perselisihan akan mengakibatkan banyak sekali macam kelompok, dimana antar kelompok saling mencaci dan saling bermusuhan. Rasulullah menilai sikap demikian sebagai bentuk kekufuran, sebagaimana disebutkan dalam sabdanya:

“Sepeninggalku kelak, janganlah kalian kembali kepada kekufuran dengan saling membunuh (bermusuhan)”. (HR: Bukhari – Muslim)

Al Qur’an juga menegaskan bahwa permusuhan tersebut hanyalah sikap orang kafir di kalangan andal kitab, sebagaimana yang disebutkan dalam ayat:

وَلَا تَكُونُوا كَالَّذِينَ تَفَرَّقُوا وَاخْتَلَفُوا مِنْ بَعْدِ مَا جَاءَهُمُ الْبَيِّنَاتُ ۚ وَأُولَٰئِكَ لَهُمْ عَذَابٌ عَظِيمٌ

“Dan janganlah kau mirip orang-orang yang bercerai-berai dan berselisih setelah tiba keterangan yang terang kepada mereka. Mereka itulah orang-orang yang menerima siksa yang berat”. (Surat Ali Imran: 105)

Sumber: Musthafa al-Bugho, Pokok-Pokok Ajaran Islam, Alam Books Publishing, Depok, 2014.


Sumber https://dr-suparyanto.blogspot.com/
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Bersatulah Jangan Berselisih"

Posting Komentar