Model Pembelajaran Picture And Picture

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280

MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE

Salah satu model yang ketika ini terkenal dalam pembelajaran yaitu Model Pembelajaran Picture and Picture ini merupakan salah satu bentuk model pembelajaran kooperatif. Model pembelajaran kooperatif merupakan suatu model pembelajaran yang mengutamakan adanya kelompok-kelompok. Pembelajaran kooperatif yaitu pembelajaran yang secara sadar dan sistematis mengembangkan interaksi yang saling asah, silih asih, dan silih asuh. Model pembelajaran Picture and Picture yaitu suatu metode mencar ilmu yang memakai gambar dan dipasangkan / diurutkan menjadi urutan logis. 
Pembelajaran ini mempunyai ciri Aktif, Inovatif, Kreatif, dan Menyenangkan. Model apapun yang dipakai selalu menekankan aktifnya akseptor didik dalam setiap proses pembelajaran. Inovatif setiap pembelajaran harus memperlihatkan sesuatu yang baru, berbeda dan selalu menarik minat akseptor didik. Dan Kreatif, setiap pembelajarnya harus menjadikan minat kepada akseptor didik untuk menghasilkan sesuatu atau sanggup menuntaskan suatu duduk masalah dengan memakai metoda, teknik atau cara yang dikuasai oleh siswa itu sendiri yang diperoleh dari proses pembelajaran.
Model Pembelajaran ini mengandalkan gambar sebagai media dalam proses pembelajaran. Gambar-gambar ini menjadi factor utama dalam proses pembelajaran. Sehingga sebelum proses pembelajaran guru sudah menyiapkan gambar yang akan ditampilkan baik dalam bentuk kartu atau dalam bentuk carta dalam ukuran besar. Atau bila di sekolah sudah memakai ICT dalam memakai Power Point atau software yang lain.
Menurut Johnson & Johnson , prinsip dasar dalam model pembelajaran kooperatif picture and picture yaitu sebagai berikut:
1. Setiap anggota kelompok (siswa) bertanggung jawab atas segala sesuatu yang dikerjakan dalam kelompoknya.
2. Setiap anggota kelompok (siswa) harus mengetahui bahwa semua anggota kelompok mempunyai tujuan yang sama.
3. Setiap anggota kelompok (siswa) harus membagi kiprah dan tanggung jawab yang sama di antara anggota kelompoknya.
4. Setiap anggota kelompok (siswa) akan dikenai evaluasi.
5. Setiap anggota kelompok (siswa) membuatkan kepemimpinan dan membutuhkan keterampilan untuk mencar ilmu bersama selama proses belajarnya.
6. Setiap anggota kelompok (siswa) akan diminta mempertanggungjawabkan secara individual bahan yang ditangani dalam kelompok kooperatif.
Sesuai dengan namanya, tipe ini memakai media gambar dalam proses pembelajaran yaitu dengan cara memasang/mengurutkan gambar-gambar menjadi urutan yang logis. Melalui cara ibarat ini dibutuhkan siswa bisa berpikir dengan logis sehingga pembelajaran menjadi bermakna.
Langkah-langkah dalam Model Pembelajaran Picture and Picture yaitu sebagai berikut:
1. Guru memberikan kompetensi yang ingin dicapai
Di langkah ini guru dibutuhkan untuk memberikan apakah yang menjadi Kompetensi Dasar mata pelajaran yang bersangkutan. Dengan demikian maka siswa sanggup mengukur hingga sejauh mana yang harus dikuasainya. Disamping itu guru juga harus memberikan indicator-indikator ketercapaian KD, sehingga hingga dimana KKM yang telah ditetapkan sanggup dicapai oleh akseptor didik.
2. Menyajikan bahan sebagai pengantar.
Penyajian bahan sebagai pengantar sesuatu yang sangat penting, dari sini guru memperlihatkan momentum permulaan pembelajaran. Kesuksesan dalam proses pembelajaran sanggup dimulai dari sini. Karena guru sanggup memperlihatkan motivasi yang menarik perhatian siswa yang selama ini belum siap. Dengan motivasi dan teknik yang baik dalam pemberian bahan akan menarik minat siswa untuk mencar ilmu lebih jauh perihal bahan yang dipelajari.
3. Guru menunjukkan/memperlihatkan gambar-gambar acara berkaitan dengan materi.
Dalam proses penyajian materi, guru mengajar siswa ikut terlibat aktif dalam proses pembelajaran dengan mengamati setiap gambar yang ditunjukan oleh guru atau oleh temannya. Dengan Picture atau gambar kita akan menghemat energy kita dan siswa akan lebih gampang memahami bahan yang diajarkan. Dalam perkembangakan selanjutnya sebagai guru sanggup memodifikasikan gambar atau mengganti gambar dengan video atau demontrasi yang acara tertentu.
4. Guru menunjuk/memanggil siswa secara bergantian memasang/mengurutkan gambar-gambar menjadi urutan yang logis.
Di langkah ini guru harus sanggup melaksanakan inovasi, alasannya yaitu penunjukan secara pribadi kadang kurang efektif dan siswa merasa terhukum. Salah satu cara yaitu dengan undian, sehingga siswa merasa memang harus menjalankan kiprah yang harus diberikan.
Gambar-gambar yang sudah ada diminta oleh siswa untuk diurutan, dibuat, atau dimodifikasi.
5. Guru menanyakan alasan/dasar pemikiran urutan gambar tersebut.
Setelah itu ajaklah siswa menemukan rumus, tinggi, jalan cerita, atau tuntutan KD dengan indicator yang akan dicapai. Ajaklah sebanyak-banyaknya kiprah siswa dan sahabat yang lain untuk membantu sehingga proses diskusi dalam PBM semakin menarik.
6. Dari alasan/urutan gambar tersebut guru memulai menanamkan konsep/materi sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai.
Dalam proses diskusi dan pembacaan gambar ini guru harus memperlihatkan penekanan-penekanan pada hal ini dicapai dengan meminta siswa lain untuk mengulangi, menuliskan atau bentuk lain dengan tujuan siswa mengetahui bahwa hal tersebut penting dalam pencapaian KD dan indicator yang telah ditetapkan. Pastikan bahwa siswa telah menguasai indicator yang telah ditetapkan.
7. Kesimpulan/rangkuman
Di selesai pembelajaran, guru bersama siswa mengambil kesimpulan sebagai penguatan bahan pelajaran


Kelebihan dan kekurangan model pembelajaran Picture and Picture:
Kelebihan:
1. Guru lebih mengetahui kemampuan masing-masing siswa.
2. Melatih berpikir logis dan sistematis.
3. Membantu siswa mencar ilmu berpikir menurut sudut pandang suatu subjek bahasan dengan memperlihatkan kebebasan siswa dalam praktik berpikir,
4. Mengembangkan motivasi untuk mencar ilmu yang lebih baik.
5. Siswa dilibatkan daiam perencanaan dan pengelolaan kelas
Kekurangan:
1. Memakan banyak waktu
2. Banyak siswa yang pasif.
3. Guru khawatir bahwa akan terjadi kekacauan dikelas.
4. Banyak siswa tidak bahagia apabila disuruh bekerja sama dengan yang lain
5. Dibutuhkan pemberian fasilitas, alat dan biaya yang cukup memadai

KESIMPULAN
Model pembelajaran Picture and Picture yaitu suatu metode mencar ilmu yang memakai gambar dan dipasangkan / diurutkan menjadi urutan logis. Pembelajaran ini mempunyai ciri Aktif, Inovatif, Kreatif, dan Menyenangkan. Model Pembelajaran ini mengandalkan gambar sebagai media dalam proses pembelajaran. Gambar-gambar ini menjadi factor utama dalam proses pembelajaran.
Menurut Johnson & Johnson , prinsip dasar dalam model pembelajaran kooperatif picture and picture yaitu sebagai berikut:


1. Setiap anggota kelompok (siswa) bertanggung jawab atas segala sesuatu yang dikerjakan dalam kelompoknya.
2. Setiap anggota kelompok (siswa) harus mengetahui bahwa semua anggota kelompok mempunyai tujuan yang sama.
3. Setiap anggota kelompok (siswa) harus membagi kiprah dan tanggung jawab yang sama di antara anggota kelompoknya.
4. Setiap anggota kelompok (siswa) akan dikenai evaluasi.
5. Setiap anggota kelompok (siswa) membuatkan kepemimpinan dan membutuhkan keterampilan untuk mencar ilmu bersama selama proses belajarnya.
6. Setiap anggota kelompok (siswa) akan diminta mempertanggungjawabkan secara individual bahan yang ditangani dalam kelompok kooperatif.
Langkah-langkah dalam Model Pembelajaran Picture and Picture yaitu sebagai berikut:
1. Guru memberikan kompetensi yang ingin dicapai
2. Menyajikan bahan sebagai pengantar.
3. Guru menunjukkan/memperlihatkan gambar-gambar acara berkaitan dengan materi.
4. Guru menunjuk siswa secara bergantian untuk mengurutkan gambar-gambar secara logis
5. Guru menanyakan alasan/dasar pemikiran urutan gambar tersebut.
6. Dari alasan/urutan gambar tersebut guru memulai menanamkan konsep/materi sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai.
7. Kesimpulan/rangkuman 

Salah satu model yang ketika ini terkenal dalam pembelajaran yaitu Model Pembelajaran Pictur MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE


Sumber http://jurnalbidandiah.blogspot.com/
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Model Pembelajaran Picture And Picture"

Posting Komentar