Model Pembelajaran Scramble

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Model Pembelajaran Scramble tampak ibarat Model Pembelajaran Word Square, bedanya balasan soal tidak dituliskan di dalam kotak-kotak jawaban, tetapi sudah dituliskan namun dengan susunan yang acak, nah siswa nanti bertugas mengkoreksi ( membolak-balik karakter ) balasan tersebut sehingga menjadi balasan yang tepat/ benar.
Model pembelajaran scramble tampak ibarat model pembelajaran word square, bedanya balasan soal tidak dituliskan di dalam kotak-kotak jawaban, tetapi sudah dituliskan, namun dengan susunan yang acak, jadi siswa bertugas mengoreksi (membolak-balik huruf) balasan tersebut sehingga menjadi balasan yang sempurna / benar.

Kelebihan Model pembelajaran Scramble :
1. Memudahkan mencari jawaban
2. Mendorong siswa untuk mencar ilmu mengerjakan soal tersebut
3. Semua siswa terlibat
4. Kegiatan tersw sanggup mendorong pemahaman siswa terhadap materi pelajaran
5. Melatih untuk disiplin

Kekurangan model pembelajaran scramble
1. Siswa kurang berfikir kritis
2. Bisa saja mencontek balasan teman lainnya
3. Mematikan kreatifitas siswa
4. Siswa tinggal mendapatkan materi mentah

Langkah-langkah Model pembelajaran scramble :
1. Guru menyajikan materi sesuai topic, contohnya guru menyajikan materi pelajaran wacana “Tata Surya”
2. Setelah akibat menjelaskan wacana Tata Surya, guru membagikan lembar kerja dengan balasan yang diacak susunannya.
3. Media yang dipakai dalam model pembelajaran scramble :
4. Buat pertanyaan yang sesuai dengan TPK
5. Buat balasan yang diacak hurufnya

Media :
Buatlah pertanyaan yang sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai
Buat balasan yang diacak hurufnya
Langkah-langkah pembelajarannya sebagai berikut :
Guru menyajikan materi sesuai kompetensi yang ingin dicapai.
Membagikan lembar kerja sesuai contoh.
Susunlah huruf-huruf pada kolom B sehingga merupakan kata kunci (jawaban) dari pertanyaan pada kolom A!

Kolom A

1. Sebelum mengenal uang orang melaksanakan pertukaran dengan cara …
2. … dipakai sebagai alat pembayaran yang sah
3. Uang … ketika ini banyak dipalsukan
4. Nilai materi pembuatan uang disebut nilai …
5. Kemampuan uang untuk ditukar dengan sejumlah barang atau jasa disebut nilai …
6. Nilai perbandingan uang dalam negeri dengan mata uang abnormal disebut …
7. Nilai yang tertulis pada uang disebut nilai …
8. dorongan seseorang menyimpan uang untuk keperluan jual beli disebut …
9. perintah tertulis dari seseorang yang memiliki rekening di bank untuk membayar sejumlah uang disebut …



Kolom B

1. TARREB ……………………………. ( Contoh : balasan yang benar……BARTER )
2. GANU …………………………………
3. TRASEK ………………………………
4. KISTRINI ………………………………
5. LIRI ………………………………………
6. SRUK …………………………………
7. MINALON ………………………….
8. SAKSITRAN …………………………
9. KEC ……………………………………
Sumber http://jurnalbidandiah.blogspot.com/
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Model Pembelajaran Scramble"

Posting Komentar