Model Pembelajaran Snowball Throwing

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280

MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING


Pengertian model pembelajaran snowball throwing
Model Snowball Throwing merupakan salah satu model pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan pendekatan kontekstual (CTL). Snowball Throwing yang berdasarkan asal katanya berarti ‘bola salju bergulir’ sanggup diartikan sebagai model pembelajaran dengan memakai bola pertanyaan dari kertas yang digulung lingkaran berbentuk bola kemudian dilemparkan secara bergiliran di antara sesama anggota kelompok. Dilihat dari pendekatan yang dipakai dalam pembelajaran siswa Pkn, model Snowball Throwing ini memadukan pendekatan komunikatif, integratif, dan keterampilan proses.

Kegiatan melempar bola pertanyan ini akan menciptakan kelompok menjadi dinamis, alasannya ialah kegiatan siswa tidak hanya berpikir, menulis, bartanya, atau berbicara. Akan tetapi mereka juga melaksanakan acara fisik yaitu menggulung kertas dan melemparkannya pada siswa lain. Dengan demikian, tiap anggota kelompok akan mempersiapkan diri alasannya ialah pada gilirannya mereka harus menjawab pertanyaan dari temannya yang terdapat dalam bola kertas.
Dalam metode (Snowball Throwing), guru berusaha menawarkan kesempatan kepada siswa untuk membuatkan keterampilan menyimpulkan isi informasi atau informasi yang mereka peroleh dalam konteks positif dan situasi yang kompleks. Guru juga menawarkan pengalaman kepada siswa melalui pembelajaran terpadu dengan memakai proses yang saling berkaitan dalam situasi dan konteks komunikasi alamiah baik sosial, sains, hitungan dan lingkungan pergaulan.
Dibentuk kelompok yang diwakili ketua kelompok untuk menerima kiprah dari guru kemudian masing-masing siswa menciptakan pertanyaan yang dibuat menyerupai bola (kertas pertanyaan) kemudian dilempar ke siswa lain yang masing-masing siswa menjawab pertanyaan dari bola yang diperoleh.


Langkah-langkah:
1. Guru memberikan bahan yang akan disajikan.
2. Guru membentuk kelompok-kelompok dan memanggil masing-masing ketua kelompok untuk menawarkan klarifikasi wacana materi.
3. Masing-masing ketua kelompok kembali ke kelompoknya masing-masing, kemudian menjelaskan bahan yang disampaikan oleh guru kepada temannya.
4. Kemudian masing-masing siswa diberikan satu lembar kerja untuk menuliskan pertanyaan apa saja yang menyangkut bahan yang sudah dijelaskan oleh ketua kelompok.
5. Kemudian kertas tersebut dibuat menyerupai bola dan dilempar dari satu siswa ke siswa yang lain selama kurang lebih 5 menit.
6. Setelah siswa menerima satu bola / satu pertanyaan diberikan kesempatan kepada siswa untuk menjawab pertanyaan yang tertulis dalam kertas berbentuk bola tersebut secara bergantian.
7. Guru menawarkan kesimpulan.
8. Evaluasi.
9. Penutup.

Kesimpulan:
Penggunaan pendekatan pembelajaran snowball throwing dalam meningkatkan keaktifan berguru siswa ini dirasakan cukup efektif alasannya ialah bisa menumbuh kembangkan potensi intelektual, sosial, dan emosional yang ada dalam diri siswa. Di sini siswa akan terlatih untuk mengemukakan gagasan dan perasaan secara cerdas dan kreatif, serta bisa menemukan dan memakai kemampuan analitis dan imajinatif yang ada dalam dirinya untuk menghadapi aneka macam problem yang muncul dalam kehidupan sehari-hari.
Di dalam model pembelajaran snowball throwing ini kurang sempurna dipakai untuk mata pelajaran atau bidang study ilmu pengetahhuan social. Karena ilmu pengetahuan social ialah ilmu yang cakupan bahan pembelajarannya sangat luas, membutuhkan pengembangan yang mendalam alasannya ialah materinya selalu berkembang. Sedangkan di sini pembelajaran hanya berkutat pada pengetahuan siswa saja. Jadi, yang lebih sempurna memakai model pembelajaran snowball throwing ini ialah jenis-jenis mata pelajaran ilmu pengetahuan alam atau eksak yang cenderung memakai rumus yang relatif tetap. Guru akan lebih gampang mengarahkan jalannya pembelajaran di kelas.

Kelebihan:
1. Melatih kesiapan siswa.
2. Saling menawarkan pengetahuan.
Kekurangan:
1. Penngetahuan tidak luas hanya berkutat pada pengetahuan sekitar siswa.
2. Tidak efektif. 

Sumber http://jurnalbidandiah.blogspot.com/
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Model Pembelajaran Snowball Throwing"

Posting Komentar