Model Pembelajaran Word Square

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280

MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE

·         Pengertian 
Model pembelajaran Word Square merupakan pengembangan dari metode ceramah yang diperkaya. Hal ini sanggup diidentifikasi melalui pengelompokkan metode ceramah yang diperkaya yang berorientasi kepada keaktifan siswa dalam pembelajaran sebagaimana disebutkan oleh Mujiman (2007)

Model Pembelajaran Word Square merupakan model pembelajaran yang memadukan kemampuan menjawab pertanyaan dengan kejelian dalam mencocokan balasan pada kotak-kotak jawaban. Mirip ibarat mengisi  Teka-Teki Silang tetapi bedanya jawabannya sudah ada namun disamarkan dengan menambahkan kotak suplemen dengan sembarang huruf/angka penyamar atau pengecoh. Model pembelajaran ini sesuai untuk semua mata pelajaran.Tinggal bagaimana Guru sanggup memprogram sejumlah pertanyaan terpilih yang sanggup merangsang siswa untuk berpikir efektif. Tujuan huruf/angka pengecoh bukan untuk mempersulit siswa namun untuk melatih perilaku teliti dan kritis.
Word Square merupakan salah satu dari sekian banyak metode pembelajaran yang sanggup dipergunakan guru dalam mencapai tujuan pembelajaran. Metode ini merupakan aktivitas mencar ilmu mengajar dengan cara guru membagikan lembar aktivitas atau lembar kerja sebagai alat untuk mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap materi pelajaran yang telah diajarkan. 
Instrument utama metode ini yaitu lembar aktivitas atau kerja berupa pertanyaan atau kalimat yang perlu dicari jawabannya pada susunan karakter acak pada kolom yang telah disediakan.
·         Langkah-Langkah Model Pembelajaran Word Square
Langkah-langkah Model Pembelajaran Word Square adalah sebagai berikut :

1.      Guru memberikan materi sesuai kompetensi yang ingin dicapai.
2.      Guru membagikan lembaran aktivitas sesuai contoh.
3.      Siswa menjawab soal kemudian mengarsir karakter dalam kotak sesuai balasan secara vertikal, horizontal maupun diagonal.
4.      Berikan poin setiap balasan dalam kotak.

CONTOH JAWABAN (Untuk Mapel PKn)

S
Y
E
N
I
E
K
K
K
A
G
U
A
N
D
M
E
N
N
B
A
R
T
I
R
T
D
G
A
N
R
N
R
S
U
S
U
D
G
T
U
T
G
R
Z
I
O
O
L
S
A
I
U
I
N
R
P
A
I
P
A
N
F
I
A
S
O
L
I
O
A
U
S
R
I
N
H
B
C
N
U

CONTOH SOALNYA :
1.      Asas dalam menentukan kewarganegaraan seseorang menurut daerah orang tersebut dilahirkan disebut asas…
2.      Negara Indonesia menggunakan asas kewarganegaraan menurut keturunan yang disebut asas ius…
3.      Seseorang yang memiliki dua kewarganegaraan dari  dua Negara yang berbeda disebut...
4.      Hak dimiliki seseorang untuk menentukan kewarganegaraannya disebut hak...
5.      Penentuan kewarganegaraan seseorang menurut kelahiran dan…

·         Kekurangan dan Kelebihan Model Pmebelajaran Word Square
Beberapa kelebihan dari model pembelajaran Word Square yaitu:
1.      Kegiatan tersebut mendorong pemahaman siswa terhadap materi pelajaran. 
2.      Melatih untuk berdisiplin.
3.      Dapat melatih perilaku teliti dan kritis.
4.      Merangsang siswa untuk berpikir efektif.
Model pembelajaran ini bisa sebagai pendorong dan penguat siswa terhadap materi yang disampaikan. Melatih ketelitian dan ketepatan dalam menjawab dan mencari balasan dalam lembar kerja. Dan tentu saja yang ditekankan disini yaitu dalam berpikir efektif, balasan mana yang paling tepat.

Sedangkan beberapa kekurangan dari model pembelajaran word square yaitu:
1.      Mematikan kreatifitas siswa. 
2.      Siswa tinggal mendapatkan materi mentah.
3.      Siswa tidak sanggup membuatkan materi yang ada dengan kemampuan atau potensi yang dimilikinya.
Dalam model pembelajaran ini siswa tidak sanggup membuatkan kreativitas masing-masing, dan lebih banyak berpusat pada guru. Karena siswa hanya mendapatkan apa yang disampaikan oleh guru, dan balasan dari lembar kerja pun tidak bersifat analisis, sehingga siswa tidak sanggup menggali lebih dalam materi yang ada dengan model pembelajaran word square ini.

Model pembelajaran Word Square merupakan pengembangan dari metode ceramah yang diperkaya MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE
Dari klarifikasi perihal model pembelajaran word square maka sanggup disimpulkan bahwa model pembelajaran word square yaitu suatu pengembangan dari metode ceramah namun untuk mengetahui pemahaman siswa perihal materi yang telah disampaikan maka diberikan lembar kerja yang didalamnya berisi soal dan balasan yang terdapat dalam kotak kata. Membutuhkan suatu kejelian dan ketelitian dalam mencari pilihan balasan yang ada dengan tepat. Namun sebagaimanan model pembelajaran yang lainnya, model pembelajaran word square memiliki kekurangan dan kelebihan. Kekurangan dari model pembelajaran ini yaitu siswa hanya mendapatkan materi mentah dari guru dan tidak sanggup membuatkan kreativitasnya, alasannya yaitu siswa hanya dituntut untuk mencari balasan bukan untuk membuatkan pikiran siswa masing-masing. Sedangkan kelebihannya yaitu meningkatkan ketelitian, kritis dan berfikir efektif siswa. Karena siswa dituntut untuk mencari balasan yang paling sempurna dan harus jeli dalam mencari balasan yangada dalam lembar kerja.

Sumber http://jurnalbidandiah.blogspot.com/
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Model Pembelajaran Word Square"

Posting Komentar