Model Pembelajaran Inside – Outside – Circle (Lingkaran Besar – Bulat Kecil)

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280

MODEL PEMBELAJARAN INSIDE – OUTSIDE – CIRCLE (LINGKARAN BESAR – LINGKARAN KECIL)


Teknik mengajar bundar besar dan bundar kecil  MODEL PEMBELAJARAN INSIDE – OUTSIDE – CIRCLE (LINGKARAN BESAR – LINGKARAN KECIL)
Teknik mengajar bundar besar dan bundar kecil (inside – outside – circle) dikembangkan oleh Spencer Kagan untuk memperlihatkan kesempatan pada siswa biar saling mengembangkan isu pada ketika yang bersamaan.
Bahan pelajaran yang paling cocok dipakai dengan teknik ini yaitu materi yang membutuhkan pertukaran pikiran dan isu antar siswa. Salah satu keunggulan teknik ini yaitu adanya struktur yang terperinci yang memungkinkan siswa untuk mengembangkan dengan pasangan yang berbeda dengan singkat danteratur. Selain itu siswa bekerja dengan sesama siswa dalam suasana bahu-membahu dan mempunyai banyak kesempatan untuk mengolah isu dan meningkatkan keterampilan berkomunikasi.

Langkah-langkah :
1. Separuh kelas (atau seperempat kalau jumlah siswa terlalu banyak) berdiri membentuk bundar kecil dan menghadap ke luar.
2. Separuh kelas lainnya membentuk bundar diluar bundar pertama menghadap ke dalam.
3. Dua siswa yang berpasangan dari bundar kecil danhttp://www.scribd.com/doc/50827028/73/INSIDE-OUTSIDE-CIRCLE-LINGKARAN-KECIL-LINGKARAN-BESAR besar mengembangkan informasi. Pertukaran isu bisa dilakukan oleh semua pasangan dalam waktu yang bersamaan.
4. Kemudian siswa yang di bundar kecil membisu di tempat, sementara siswa yang di bundar besar bergeser, satu atau dua langkah searah jarum jam.
5. Sekarang giliran siswa berada di bundar besar yang membagi isu demikian seterusnya.

Siswa saling membagi isu pada ketika yang bersamaan dengan pasangan yang berbeda dengan singkat dan teratur.

Kelebihan :
Mendapatkan isu yang berbeda pada ketika yang bersamaan.
Kekurangan :
 Membutuhkan ruang kelas yang besar.
 Terlalu usang sehingga tidak konsentrasi dan disalahgunakan untuk bergurau, juga rumit untuk dilakukan.

Materi yang cocok dengan model pembelajaran.
1. IPA kelas 5 Bab V
Penyesuaian Makhluk Hidup
a. Penyesuaian diri pada hewan
1. Penyesuaian diri untuk memperoleh makanan.
2. Penyesuaian diri untuk melindungi diri dari musuhnya.
b. Penyesuaian diri pada tumbuhan
1. Penyesuaian diri flora dengan lingkungan tertentu.
2. Penyesuaian diri untuk melindungi diri dari musuhnya.

Alasan :
Pada pembelajaran dengan memakai model outside - inside - circle (lingkaran besar - bundar kecil) ini. Terlebih dahulu guru memberikan isu dengan menjelaskan isi materi (penyesuaian makhluk hidup). Menurut saya materi pembiasaan makhluk hidup sangat cocok untuk model outside - inside - circle (lingkaran besar - bundar kecil). Karena materi ini sering ditemui anak dalam kehidupan sehari-hari, melalui klarifikasi dari guru wacana pembiasaan makhluk hidup maka anak memadukan apa yang dilihatnya dalam kehidupan sehari-hari dengan isu yang disampaikan oleh guru, sehingga pada ketika anak membentuk bundar besar dan bundar kecil yang selanjutnya anak akan memberikan informasi, anak gampang mengingat isu yang akan beliau sampaikan kepada sobat pasangannya, materi ini juga mempunyai cakupan isi/materi yang cukup banyak sehingga memudahkan guru untuk membagi materi sesuai dengan siswa yang membentuk lingkaran, karna masing masing-masing anak membawa isu yang berbeda untuk sobat pasangannya.

2. IPA Kelas 5 Bab XIV
Sumber Daya Alam
a. Sumber Daya Alam di Lingkungan Sekitar
1. Sumber daya alam yang sanggup diperbaharui
2. Sumber daya alam yang tidak sanggup diperbaharui
b. Penggunaan Sumber Daya Alam
1. Mineral
2. Kegiatan insan yang mengubah permukaan bumi

Alasan :
Pada pembelajaran memakai model outside - inside - circle (lingkaran besar - bundar kecil). saya materi ini cocok untuk model inside (outside - circle) (lingkaran besar - bundar kecil) alasannya yaitu materinya sanggup dikembangkan oleh anak menurut pengetahuan dan pengalaman mereka. Misalnya : materi wacana acara insan yang mengubah permukaan bumi, kalau guru memakai soal pertanyaan dalam pertukaran pikiran dan isu untuk setiap anak, maka mempermudah pekerjaan guru dalam menciptakan pertanyaan, pertanyaan yang sama sanggup diberikan kepada beberapa anak, alasannya yaitu kemungkinan balasan yang akan mereka sanggup dari sobat pasangannya berbeda. Dengan model pembelajaran outside - inside - circle materi akan gampang dipahami oleh anak alasannya yaitu materi ini sanggup disampaikan dengan singkat dan eratur, contohnya berkaitan dengan sumber daya alam yang sanggup diperbaharui, dan tidak sanggup diperbaharui, sehingga dengan model pembelajaran outside - inside - circle ini cakupan materi yang cukup luas sanggup dipahami dan dikembangkan oleh anak.

3. Pendidikan kewarganegaraan kls XI Semester II
Pentingnya nilai dalam kehidupan
 Pentingnya nilai dalam kehidupan bangsa
 Pancasila sebagai sumber nilai
a. Pancasila sebagai sumber nilai hokum
b. Pancasila sebagai sumber nilai etik
Menurut saya materi ini cocok dan bias dipakai dalam model pembelajaran IOC dikarnakan materi yang disampaikan tidak terlalu sulit dan melatih tingkat pemikiran siswa karna yang dibahas dalam materi ini menyangkut kehidupan sehari-hari dan bangsa.

Contoh RPP model pembelajaran ini :

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP )
Model pembelajaran IOC

Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / semester : XI / (dua)
Hari / tanggal :
Alokasi Waktu : 2 JP x 40 menit

St standar Kompetisi :
Menganalisis pentingnya nilai dalam kehidupan

K kompetisi Dasar :
Mendiskripsikan pentingnya nilai dalam kehidupan bangsa
Mendeskripsiskan pancasila sebagai sumber nilai
Mendeskripsikan nilai pancasila sebagai sumber norma hokum
Mendeskripsikan nilai pancasila sebagai sumber norma etik

A. Indikator :
Menjelaskan pentingnya nilai pancasila dalam kehidupan

B. Tujuan pembelajaran :
1. memahami pentingnya nilai dalam kehidupan
2. Mengetahui pentingnya nilai pancasila sebagai norma hukum
3. Mengetahui pentingnya pancasila sebagai sumber nilai etik

C. Materi pembelajaran :
• Lomba Kompetensi Siswa Pendidikan kewarganegaran untu Sekolah Menengan Atas kelas XI semeeter II
Nilai sosial yaitu nilai yang dianut oleh suatu masyarakat, mengenai apa yang dianggap baik dan apa yang dianggap jelek oleh masyarakat. Sebagai contoh, orang menanggap menolong mempunyai nilai baik, sedangkan mencuri bernilai buruk. Woods mendefinisikan nilai sosial sebagai petunjuk umum yang telah berlangsung lama, yang mengarahkan tingkah laris dan kepuasan dalam kehidupan sehari-hari.
pancasila sebagai dasar negara dan ideologi nasional membawa
konsekuensi logis bahwa nilai-nilai pancasila dijadikan landasan pokok, landasan
fundamental bagi penyelenggaraan negara Indonesia.
Nilai-nilai pancasila selanjutnya dijabarkan dalam aneka macam peraturan
perundangam yang ada. Perundang-undangan, ketetapan, keputusan, kebijaksanaan
pemerintah, program-program pembangunan, dan peraturan-peraturan lain pada
hakikatnya merupakan nilai instrumental sebagai klasifikasi dari nilai-nilai
dasar pancasila.
Upaya lain dalam mewujudkan pancasila sebagai sumber nilai yaitu dengan
menjadikan nilai dasar Pancasila sebagai sumber pembentukan norma etik (norma
moral) dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Nilai-nilai
pancasila yaitu nilai moral
D. Metode Pembelajaran
1. Kerja kelompok
2. Presentasi
3. Diskusi
4. Tanya jawab
E. Langkah-langkah Pembelajaran :
1. Pendahuluan
1) Salam, sapa dan berdo’a bersama
2) Apersepsi wacana materi
3) Membagi kelompok yng anggotanya 4 orang secara heterogen menurut tingkat kemampuan membaca.
2. Kegiatan Inti
1) Menjelaskan pembagian kiprah kelompok
2) Guru memperlihatkan wacana / kliping sesuai topic pembelajaran
3) Siswa berhubungan saling membacakan dan menemukan wangsit pokok dan memberi tanggapan terhadap wacana / kliping dan ditulis pada lembar kerja.
4) Mempresentasikan / membaca hasil kelompok.
3. Kegiatan akhir
1) Guru menyimpulkan materi bersama murid
2) Penutup

F. Sumber materi :
- Buku paket buku paket pendidikan kewarganegaraan kelas XI semester II
- Lomba Kompetensi Siswa Pendidikan kewarganegaran untu Sekolah Menengan Atas kelas XI semeeter II
- Kliping wacana pentingnya nilai dalm kehidupan berbangsa dan bernegara

G. Penilaian
- Test perbuatan dalam kegiatan
- Tes lisan 









Sumber :
www.scribd.com

Sumber http://jurnalbidandiah.blogspot.com/
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Model Pembelajaran Inside – Outside – Circle (Lingkaran Besar – Bulat Kecil)"

Posting Komentar