Pair Cecks Spencer Kagen 1993

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
A. Pengertian
Pair check (pasangan mengecek) yaitu model pembelajaran berkelompok atau berpasangan yang dipopulerkan oleh Spencer Kagen tahun 1993. Model ini menerapkan pembelajaran berkelompok yang menuntut kemandirian dan kemampuan siswa dalam menuntaskan duduk kasus yang diberikan. Banyak kelebihan maupun kelemahan.
Satu lagi Model Pembelajaran siswa berpasangan, yaitu Pair Check. Model pembelajaran ini juga untuk melatih rasa sosial siswa, kolaborasi dan kemampuan memberi penilaian.
B. prinsip model pembelajaran Pair Cheks 
prinsipnya yaitu sebagai berikut :
1. Siswa berkelompok berpasangan sebangku,
2. salah seorang menyajikan duduk kasus dan temannya mengerjakan,
3. pengecekan kebenaran jawaban,
4. bertukar peran
4. penyimpulan,
5. evaluasi
6. refleksi.

Berikut ini langkah dari model pair check
1. Guru menjelaskan konsep
2. Siswa dibagi beberapa tim. Setiap tim terdiri dari 4 orang. Dalam satu ti ada 2 pasangan. Setiap pasangan dalam satu tim ada yang menjadi instruktur dan ada yang patner.
3. Guru membagikan soal kepada si patner
4. Patner menjawab soal , dan si instruktur bertugas mengecek jawabannya. Setiap soal yang benar instruktur memberi kupon.
5. Bertukar peran. Si instruktur menjadi patner dan si patner menjadi pelatih
6. Guru membagikan soal kepada si patner
7. Patner menjawab soal , dan si instruktur bertugas mengecek jawabannya. Setiap soal yang benar instruktur memberi kupon.
8. Setiap pasangan kembali ke tim awal dan mencocokkan balasan satu sama lain.
9. Guru membimbing dan menawarkan isyarat atas jawaaban dari banyak sekali soal dan tim mengecek jawabannya.
10. Tim yang paling banyak menerima kupon diberi hadiah


C. Langkah-langkah Pembelajarannya, sebagai berikut : 
1). Bekerja Berpasangan
Guru membentuk tim berpasangan berjumlah 2 (dua) siswa. Setiap pasangan mengerjakan soal yang pas alasannya semua itu akan membantu melatih siswa dalam menilai.
2). Pelatih Mengecek
Apabila patner benar instruktur memberi kupon.
3). Bertukar Peran
Seluruh patner bertukar kiprah dan mengulangi langkah 1 – 3.
4). Pasangan Mengecek
Seluruh pasangan tim kembali bersama dan membandingkan jawaban.
5). Penegasan Guru
Guru mengarahkan balasan /ide sesuai konsep.
Demikianlah, mudah-mudahan postingan ini sanggup menambah khasanah pembelajaran kita sehingga pembelajaran yang dirancang Bapak/Ibu Guru sanggup lebih bervariatif, lebih bermakna, menantang sekaligus menyenangkan.

D. Kelebihan dan Kekurangan
Kelebihannya
1. Dipandu berguru melalui sumbangan rekan 
2. Menciptakan saling kerjasama di antara siswa 
3. Increases comprehension of concepts and/or processesMeningkatkan pemahaman konsep dan / atau proses
4. menmemenimelatih berkomunikasi
Kekurangannya
1. memerlukan banyak waktu
2. memerlukan pemahaman yang tinggi terhadap konsep untuk menjadi pelatih.
Sumber http://jurnalbidandiah.blogspot.com/
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Pair Cecks Spencer Kagen 1993"

Posting Komentar